TeknoFlas.com – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 dibuka hari ini, namun pemprov Riau belum mengumumkan formasi CPNS. Belum ada kejelasan berapa formasi yang disetujui KemenPAN-RB sampai saat ini.

CPNS Riau

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau mengonfirmasi belum mendapatkan penerimaan formasi CPNS untuk regionalnya. Hal ini yang membuat Riau belum dapat mengumumkan rincian penerimaan CPNS 2014.

“Kita belum bisa mengumumkan kepada masyarakat untuk pendaftaran CPNS Riau. Karena formasi yang diusulkan belum pasti masalahnya,” demikian pernyataan Kepala BKD Riau Muhammad Guntur seperti dikutip goriau.co, Selasa (19/8/14).

Padahal, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar melalui Sekretaris Menteri Tasdik Kinanto telah mengirimkan surat bernomor: B/2870/M.PAN/7/2014 tertanggal 25 Juli 2014 kepada para Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah agar mematuhi jadwal kegiatan pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2014.

Dalam lampiran surat itu disebutkan bahwa pengumuman lowongan CPNS di masing-masing instansi pemerintah (Pusat dan Daerah) harus dilakukan pada periode 18-29 Agustus 2014, sementara pendaftaran CPNS secara online melalui portal nasional panselnas.menpan.go.id atau sscn.bkn.go.id harus dilakukan pada 20 Agustus – 3 September 2014.

Menurut BKD Provinsi Riau, yang dibutuhkan Pemprov saat ini bukan kuota, tetapi formasi dari CPNS itu sendiri. Hal itu terkait dengan kebutuhan.

Apalagi jadwal pendaftaran CPNS yang telah dikeluarkan Menpan 15-20 Agustus, yang dikeluarkan Menpan-RB masih tentatif. Kemudian, hampir seluruh daerah juga belum menerima formasi CPNS yang disahkan oleh Menpan-RB.

“Daerah lain juga belum, kalau jadwal pendaftaran yang menentukan Menpan, yang jelas kita masih menunggu formasi baru diumumkan. Tapi, tergantung pak gubernur apakah menerimanya atau tidak. Kalau formasinya belum pasti, sementara hanya kuota apa gunanya,” terang Guntur.

Tunggu Formasi

Ada pun terkait dengan kuota, menurut Guntur, Pemprov Riau hanya menerima 168 calon CPNS dari Kemenpan-RB. Sementara sebelumnya kuota CPNS yang dikirim Pemprov Riau sebanyak 1100 formasi yang terdiri atas tenaga guru 19 orang, tenaga kesehatan 489 orang, tenaga teknis 592.

Selebihnya diperuntukkan bagi tamatan SMA sebanyak 176 orang, dan termasuk didalamnya dikhususkan bagi atlet berprestasi Riau sebanyak 78 orang.

Sementara, proses pengajuan formasi masih diurus, Pemprov Riau menghimbau para calon peserta CPNS untuk terus memantau perkembangan Informasi CPNS 2014 terbaru.