TeknoFlas.com – Tips Menghindari Pencurian Data Kartu Debit dan Kredit Nasabah. Gencarnya aksi kejahatan membuat kita harus lebih waspada kapanpun dimanapun dalam aktivitas apa saja. Terlebih saat kita berbelanja dengan menggunakan Kartu Debit maupun Kredit.

Image from bisakomputer.com

Belakangan ini banyak dibicarakan mengenai banyaknya nasabah bank Mandiri dan BCA yang kartu ATM maupun kartu kreditnya diblokir secara sepihak oleh bank tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Deketahui bahwa nasabah-nasabah yang kartunya diblokir karena sebelumnya pernah menggunakan kartunya untuk berbelanja di gerai-gerai. Hal ini tentunya sangat merepotkan nasabah.

Apa antisipasi untuk menghindari pencurian data kartu debit ataupun kredit ini? Berikut tips dari bisakomputer yang mudah diaplikasikan untuk mencegah hal itu terjadi.

  1. Ketika membayar menggunakan kartu kredit, jangan lengah dan selalu perhatikan teller atau kasir yang menangangi kartu Anda. Pastikan kartu sudah berada di tangan Anda ketiaka Anda meninggalkan toko atau merchant tersebut.Kartu kredit
  2. Pastikan anda menyimpan secara aman tiga atau empat digit terakhir dari nomor di belakang kartu kredit anda. Saat melakukan pembayaran di kasir misalnya, anda perlu memastikan semua proses transaksi berjalan lancar tak mencurigakan.kartu kredit
  3. Simpanlah struk belanjaan Anda untuk dibandingkan dengan billing statement kartu kredit. Dengan begitu Anda bisa tahu transaksi mana saja yang tidak sesuai dengan penggunaan kartu kredit Anda.
  4. Jangan asal membayar menggunakan kartu debit atau kredit. Bila nominalnya masih memungkinkan untuk dibayar secara cash (tunai) maka bayarlah dengan uang cash.kartu kredit
  5. Hancurkan atau sobek-sobek semua struk transaksi yang menggunakan kartu debit atau kredit sebelum dibuang. Data-data yang ter printout dalam kertas struk bisa disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggungjawab.
  6. Jangan pernah memberitahukan pin anda kepada siapapun dan jangan sampai orang lain melihat kombinasi angka yang anda masukkan ketika membayar menggunakan kartu debit atau kredit.
  7. Selalu berhati-hati dan bijak dalam menggunakan kartu debit dan kartu kredit.

Itulah tips dari #TeknoFlas yang bisa Anda terapkan agar tidak menjadi korban pencurian data bank selanjutnya.