TeknoFlas.com – Situs panselnas.menpan.go.id memang belum bisa menerima pendaftaran sampai dengan hari ke-5, Minggu (24/8/2014) karena adanya kendala teknis, namun buat para calon pelamar diminta untuk tidak khawatir dan tetap tenang bisa belum bisa mendaftarkan diri sebagai calon peserta seleksi CPNS 2014 ini, karena panselnas CPNS memberikan tenggang waktu sampai dua minggu untuk melakukan pendaftaran dan setiap instansi bisa mempunyai jadwal yang berbeda.

panselnas.menpan.go.id Website Pendaftaran CPNS 2014 Masih Susah Dibuka

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, masing-masing instansi bisa memiliki jadwal berbeda-beda dalam menutup pendaftaran CPNS. “Hitungannya 14 hari saat pendaftaran dibuka. Misalnya, pendaftaran dibuka 24 Agustus, tutupnya 7 September. 25 Agustus dibuka, tutupnya 8 September,” katanya kepada JPNN, Minggu (24/8/2014) seperti ditulis JPNN

Perbedaan waktu ini juga disesuaikan dengan jadwal tes computer assisted test (CAT). Dalam sistem CAT, jadwal setiap instansi tidak sama. “Prinsipnya tes CAT itu setiap hari, karena jadwal instansi juga tidak sama,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Biro Hukum, Komunikasi Informasi Publik KemenPAN-RB, Herman Suryatman mengatakan, untuk pendaftaran online hari ini mulai efektif. Menurutnya, calon pelamar tak perlu khawatir bila hari ini belum bisa mendaftar.

“Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dan tidak akan merugikan masyarakat. Karena itu pula waktu pendaftaran diperpanjang,” ucapnya.

Herman menyarankan masyarakat memahami perubahan sistem lembar jawab komputer (LJK) ke CAT. Sebab, hal itu baru kali pertama diterapkan.

“Namanya ini baru kali pertama jadi masih banyak kekurangannya. Tapi paling tidak kita sudah memulai dengan perubahan, ke depan Insya Allah akan lebih baik lagi,” pungkasnya.

CPNS Daerah Belum Siap Buka Pendaftaran CPNS Online
Meski sudah 34 instansi daerah ditetapkan formasinya, namun belum satupun yang siap membuka pendaftaran CPNS. Tahun ini ada 429 instansi daerah yang mendapatkan formasi.

“Hingga hari ini dari 429 instansi daerah, yang sudah ditetapkan formasi CPNS-nya baru 34 daerah. Sisanya masih dalam proses,” kata Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja kepada media ini, Minggu (24/8).

Status dalam proses ini, lanjutnya, karena dari daerah juga masih mengutak-atik rincian formasinya sehingga belum ditetapkan MenPAN-RB Azwar Abubakar. “Yang jadi masalah karena rinciannya belum clear. Ada yang sudah mau ditetapkan, tapi tiba-tiba diubah sama daerah. Nah proses yang begini membuat waktu penetapan jadi molor,” terangnya.

Setelah penetapan rincian formasi CPNS, panselnas tinggal menunggu kesiapan daerah kapan bisa mulai pendaftaran. Waktu pendaftarannya akan dicantumkan di portal nasional panselnas agar pelamar mendapatkan informasinya.