Website Pendaftaran CPNS Online Di Panselnas.Menpan.Go.id Lancar

Pendaftaran CPNS online 2014 mengharuskan para pelamar untuk memasukan nomor induk kependudukan yang ada dalam e-KTP saat mengisikan formulir registrasi.Hal ini pastinya memberatkan para pelamar yang masih menggunakan KTP format lama.

Menjawab hal tersebut ada daerah yang memilih kebijakan lain. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan Daerah (BKPLD) Kabupaten Tasikmalaya H Iin Aminudin membolehkan para pelamar CPNS menggunakan NIk di KTP lama bagi yang belum mempunyai e-KTP.

Dia pun akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) terkait nomor induk kependudukan (NIK) E-KTP yang akan menjadi syarat pendaftaran CPNS 2014.

“Kami akan menanyakan apakah warga kabupaten masih ada yang belum memiliki E-KTP atau tidak,” ungkapnya kepada Radar Tasikmalaya (Grup JPNN) di kantornya kemarin (27/8) seperti dilansir dari JPNN.

Menurutnya, memang NIK E-KTP menjadi syarat pendaftaran CPNS. Namun, yang diutamakan nomor induk kependudukannya bukan E-KTP-nya. Jadi meskipun masih KTP lama, bisa digunakan untuk mendaftar CPNS.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Dra Hj Wini mengatakan sebenarnya permasalahan E-KTP sudah ada MoU di pemerintah pusat dengan berbagai departemen karena belum semua memiliki E-KTP sehingga KTP lama masih diberlakukan sampai 31 Desember 2014.

“Karena kan yang dipergunakan (mendaftar CPNS, red) NIK-nya saja, jadi masih bermanfaat KTP dulu juga,” ungkapnya.

Jadi dengan kebijakan ini, masyarakat yang belum memiliki E-KTP dan ingin mendaftar CPNS masih dibolehkan karena masih ada tenggang waktu pemberlakuan KTP manual. Saat ini, kata dia, di Kabupaten Tasikmalaya warga yang memiliki E-KTP hampir 90 persen.

Pendaftaran CPNS online 2014 diberi batasan selama 2 minggu atau 14 hari sejak instansi tersebut membuka pendaftaran di situs panselnas.menpan.go.id jadi buat instansi daerah yang belum mengeluarkan formasi detail mohon ditunggu dengan sabar.