TeknoFlas.com – Berbagai pertanyaan muncul dibenak calon pelamar CPNS 2014 Online. Salah satunya tentang jaminan tranparansi penggunaan sistem Computer Assisted Tes (CAT).

Rasa khawatir tersebut membuat perhatian tersendiri bagi masyarakat. Apalagi pada tahun-tahun sebelumnya banyak laporan terjadinya kecurangan penerimaan CPNS di sebagian daerah, seperti dikutip laman JPNN, Jum’at (29/8/2014).

Penerimaan CPNS 2014 Online: Yakinkah CAT Jamin Transparansi?

Walaupun petinggi KemenPAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyampaikan bahwa tes seleksi CPNS 2014 ini dijamin transparan dan tanpa uang, tetapi masyarakat belum juga sepenuhnya percaya.

Masyarakat merasa cemas seandainya tes kali ini yang menggunakan sistem CAT masih juga akan diwarnai berbagai kecurangan.

A Wahyudi (27), Warga Kampung Karangiuh Desa Rajamandala Kecamatan Rajolah Kabupaten Tasikmalaya berharap semoga tes CPNS 2014 dapat terlaksana sesuai aturan dan tidak terjadi kecurangan.

“Walaupun tes dan pendaftarnya online, tetap saja tak bisa menutup kemungkinan akan terjadi kecurangan,” paparnya.

Sedangkan terkait peluang lulusnya, dia mengatakan akan terus mencoba melamar sebagai abdi negara, walaupun tetap bersaing dengan ribuan pelamar yang lain. Sebab menurut Wahyudi menjadi PNS dapat menjamin kesejahteraan hidupnya.