TeknoFlas.com – Pernahkah Anda membayangkan sebelumnya kira-kira bakal seperti apakah laptop di masa mendatang yang akan menghoasai pasar industri notebook/netbook di dunia? Hmm.., rasanya Anda perlu mengantisipasi agar tidak ketinggalan tren sebagaimana apa yang dibeberkan Intel di ajang pameran CES 2013.

“North Cape”, begitulah Intel menyebut laptop masa depan, adalah sebuah laptop prototipe yang merupakan konsep laptop masa depan Intel, khususnya prosesor Core generasi keempat (red: Haswell) yang rencananya akan hadir pada pertengahan tahun ini.

Inilah Laptop Masa Depan Versi Intel

North Cape iji nantinya akan memiliki layar touchscreen berukuran 13,3 inci yang bisa dilepas untuk dijadikan perangkat tablet, hal itu sebagaimana dilaporkan oleh Mashable, ditambah dengan Area display yang sangat lebar sehingga hanya menyisakan sedikit ruang untuk menggenggam tablet dengan jemari tangan. Hmm.., menarik sekali bukan?

Mudah sekali untuk menjadikannya sebuah tablet, yaitu hanya dengan menekan satu tombol, maka area display pada layar North Cape akan mengecil menjadi 11 inci sehingga bisa dioperasikan sebagaimana tablet digunakan dengan nyaman.

Tidak kalah hebatnya adalah daya tahan baterai yang luar biasa, mencapai 13 jam, dimana laptop yang bersangkutan terhubung ke docking keyboard (baterai tersimpan dalam layar dan modul dock).

Sebagai informasi tambahan, daya tahan baterai ini dihasilkan oleh chip yang hemat daya khusus dibuat sendiri oleh Intel. Selkain itu, Intel juga mengurangi angka konsumsi daya prosesor Ultrabook yang biasanya 17 watt menjadi hanya 7 watt saja pada beberapa prosesor, seperti yang dipakai oleh Lenovo Yoga 11S. Konsumsi daya Haswell yang akan dipakai oleh produk-produk laptop masa depan ini bahkan lebih kecil lagi.

Sebagai penutup inovasi laptop konsep masa depan versi Intel ini, tak lupa ditanamkan pula dua port USB 3.0, sebuah konektor HDMI, dan jack adaptor proprietary di bagian belakang docking untuk menyokong kienrja keyboard.

Wah.., tentunya konsep laptop masa depan ini akan menjadi gebrakan di pertengahan tahun 2013. Semoga saja apa yang diimpiklan Intel ini akan mendapat respon positif dari kalangan pecinta teknologi khususnya laptop.