TeknoFlas.com – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) membuka lowongan CPNS 2014 seperti yang dirilis dari Sekretariat Kabinet (Setkab). Pendaftaran CPNS dimulai tanggal 01-15 September mendatang. Untuk jatah formasi yang dipatok adalah 175 ribu yang akan ditempatkan 25 untuk Bendahara dan 150 untuk calon diplomat.

CPNS Kemlu

”Persyaratan bagi pelamar Pejabat Diplomatik dan Konsuler (PDK) adalah antara lain lulusan sarjana S-1, Master/Magister (S-2) atau Doktor (S-3) dari jurusan Ilmu Sosial, Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Pengetahuan Budaya/Sastra (Arab, Cina, Inggris, Jepang, Jerman, Korea, Perancis, Rusia),” ungkap Setkab dalam keterangan tertulisnya.

Ketua Panitia Seleksi CPNS 2014 sekaligus Sekjen Kemlu, Y.Kristiarto S. Legowo menjamin, sebagaimana pelaksanaan seleksi pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan seleksi tahun 2014 ini juga akan dilaksanakan secara transparan serta bebas dari korupsi kolusi dan nepotisme (KKN).

“Kami akan berupaya agar setiap tahapan seleksi akan dilaksanakan untuk memastikan bahwa setiap CPNS yang direkrut sesuai dengan kebutuhan Kemlu dan misi PerwakilanRI di luar negeri,” katanya.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan pelamar, sebagaimana dikutip dari e-cpns.kemlu.go.id, Kamis;

  • Pelamar merupakan lulusan dari perguruan tinggi negeri, swasta atau luar negeri yang terakreditasi.
  • Sementara, persyaratan bagi pelamar Pengadministrasi Keuangan Pengadministrasi Anggaran adalah lulusan D-III di bidang Akuntansi,
  • Manajemen, Administrasi Negara dan Administrasi Niaga dari perguruan tinggi yang terakreditasi.
  • Persyaratan lengkap dapat dilihat di situs http://e-cpns.kemlu.go.id/
  • Pelamar yang memenuhi persyaratan, diharuskan melakukan registrasi online http://regpanselnas.menpan.go.id/.
  • Setelah itu pelamar diwajibkan untuk melakukan registrasi online pada situs http://e-cpns.kemlu.go.id/.