TeknoFlas.com – Facebook diminta untuk terapkan sistem pengamanan informasi terkait isu-isu dan berita yang beredar meresahkan masyarakat. Sebelumnya muncul sejumlah foto-foto kepala tanpa badan di facebook, yang di share atau dibagikan dari account gerakan saparatis Daulah Islamiah atau ISIS.

Facebook Security

Hal inilah yang mendorong penasehat Facebook untuk menerapkan sistem pengamanan yang menghambat pemakainya melihat dan mengunggah foto-foto mengerikan. Stephen Balkam, pimpinan dewan Keamanan online Keluarga (FOSI) Amerika Serikat juga menegaskan, kelompoknya akan berencana mengajukan masalah ini bulan depan pada pertemuan badan Penasehat Keamanan Facebook.

“Terdapat sejumlah keadaan dimana foto dan video mengerikan seperti pemenggalan di Suriah dapat ditempatkan untuk kepentingan masyarakat,” katanya

Awalnya perusahaan ini menolak menghapus gambar-gambar tersebut, dengan mengatakan hal ini tidak melanggar panduan Facebook. Tapi sejak bulan Oktober 2013, Facebook pernah mencabut klip video pemenggalan seorang wanita, disusul penerbitan peraturan baru tentang informasi yang dapat disebarkan di situsnya.