Penerimaan CPNS 2014 Online: Pendaftaran CPNS Tersendat Karena Pegawai Instansi Belum Mahir Pakai Komputer

Penerimaan CPNS 2014 Online: Pendaftaran CPNS Tersendat Karena Pegawai Instansi Belum Mahir Pakai Komputer

TeknoFlas.com – Pendaftaran CPNS 2014 Online terpaksa masih belum dapat dilaksanakan. Hal tersebut dikarenakan pegawai instansi terkait belum terbiasa dengan penggunaan komputer. Tepatnya di wilayah Timur Indonesia yang salah satunya adalah di wilayah pemerintah daerah Papua.

Diharapkan kepada masyarakat agar lebih bersabar untuk menunggu. Sebab sampai saat ini belum ada pengumuman pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 pada instansi yang terkait.

Penerimaan CPNS 2014 Online: Pendaftaran CPNS Tersendat Karena Pegawai Instansi Belum Mahir Pakai Komputer

Azwar Abubakar selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) menyampaikan bahwa pihak pemda Papua sudah menyatakan alasan keterlambatan tersebut. Alasannya adalah dikarenakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di wilayah itu belum dapat menguasai sistem komputer.

“Di Papua menyampaikan bahwa disana belum dapat mengoperasikan komputer. Sehingga mereka masih tidak sanggup untuk memulai membuka pendaftaran CPNS,” ungkapnya kepada awak media seperti dilansir pada laman JPNN, Sabtu (13/9/2014).

Namun, pemerintah tak mungkin membiarkan hal tersebut dan mengijinkan disana menggelar pendaftaran secara manual. Azwar menandaskan, bahwa hal itu dilarang. Tes kemampuan dasar (TKD) yang sedianya akan diselenggarakan juga dilarang menggunakan tes manual.

“Ada yang mempertanyakan (bolehkah dengan manual) saya jawab tidak. Seluruhnya mesti komputer. Tes juga harus pakai CAT (Computer Assisted Tes),” tandasnya.

Maka dari itu, pihaknya akan membantu pihak Pemda setempat dengan sesegera mungkin mengirimkan tim bantuan. Tim tersebut bertugas memberi pelatihan komputer kepada para pegawai di sana hingga benar-benar dapat menguasai sistem komputer tersebut . Azwar juga tak ingin mempermasalahkan jika terjadi keterlambatan proses penerimaan CPNS 2014 di tanah Cendrawasih itu.

“Kalau lama ya tidak apa-apa, mundur satu bulan pun tak masalah. Yang terpenting semua harus diselenggarakan memakai komputer,” ujarnya.

Baca Juga  regpanselnas.menpan.go.id: Info Formulir Pendaftaran CPNS 2014 Online Disini!

Pada tahun ini Kementerian PAN-RB memang mempunyai harapan yang besar agar pelaksanaan seleksi CPNS seratus persen dapat menggunakan sistem CAT. KemenPAN-RB juga sudah bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Bentuk kerjasama itu adalah sistem komputer Kemendikbud yang ada di daerah dipinjamkan kepada KemenPAN-RB dalam penyelenggaraan seleksi CPNS 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *