Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Ini Tips Hilangkan Bau Prengus di Daging Kambing

TeknoFlas.com – Sebentar lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha dimana masyarakat akan mendapatkan daging kurban. Salah satunya adalah daging kambing yang paling banyak didapatkan dari Hari Raya Kurban ini.

Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Kebanyakan Anda akan memasak daging kambing dengan menu sate, gulai ataupun yang lain. Terlepas dari itu semua, Anda pasti tidak tahan dengan bau prengus dari kambing. Nah, berikut ini kami siapkan tips mengolah kuliner berbahan dasar daging kambing ialah menghilangkan bau “prengus” nya.

Berikut tips dari para praktisi kuliner nusantara untuk menghilangkan bau “prengus” daging kambing dikutip dari Kabar24, Selasa (23/09/2014).

1. Gunakan kunyit, jahe dan bawang putih

Munifah, pemilik usaha kuliner “Sate Kambing Bakar Balanga” di Gorontalo, mengatakan, kunyit, jahe dan bawang putih merupakan bumbu kunci yang ampuh untuk menghilangkan bau “prengus” daging kambing.

“Daging kambing dicuci bersih lalu dipotong-potong, setelah itu, kita kasih kunyit sepotong, jahe sepotong, bawang putih, diulek. Campurkan bumbu-bumbu itu ke bagian daging yang telah dikeringkan selama 15 menit,” ujarnya kepada ANTARA News di sela acara yang diselenggarakan salah satu merek kecap, di Jakarta, Selasa.

Kemudian, lanjut perempuan yang telah enam tahun berkecimpung dalam dunia kuliner kambing selama enam tahun itu, daging kambing yang telah dicampurkan bumbu-bumbu tadi bisa dicuci kembali.

Menurut dia, selain menghilangkan bau, ketiga bumbu ini juga dapat menambah cita rasa pada daging yang akan diolah.

“Bumbu itu yang paling penting, harus benar-benar. Jadi aroma daging itu sendiri keluar,” katanya.

2. Khusus untuk bagian jeroan kambing, rebus jeroan lalu tambahkan daun salam dan lengkuas

Menurut Sumiati, pemilik usaha “Rabeg” di Banten, mengolah jeroan agar tidak bau “prengus” ialah dengan merebusnya.

“Jeroan dicuci bersih, lalu dimasukan ke dalam air dingin. Rebus jeroan sampai keluar busa-busa putih. Ambil busa-busa yang mengumpul di permukaan itu lalu buang sampai busa-busanya habis,” ujarnya.

“Baunya itu disitu di busa-busa putih yang dibuang,” tambah perempuan yang telah berkecimpung di usaha kuliner “Rabeg” sejak 1982 itu.

Kemudian, tambah dia, saat merebus, sebaiknya tambahkan daun salam dan lengkuas yang dirajang untuk menambah aroma rempah pada jeroan sekaligus menghilangkan bau prengusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *