Jelang Idul Adha 2014, Harga Sapi Naik Rp 1-3 Juta per Ekor

Jelang Idul Adha 2014, Harga Sapi Naik Rp 1-3 Juta per Ekor

TeknoFlas.comJelang Idul Adha 2014, Harga Sapi Naik Rp 1-3 Juta per Ekor. Harga sapi dan kambing di Jakarta terus melejit menjelang Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah yang jatuh pada 5 Oktober 2014. Kenaikan harga hewan kurban cukup signifikan antara 25 hingga 35 persen.

Dilansir laman Beritajakarta.com, Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Darjamuni, memperkirakan tahun ini harga hewan kurban mengalami kenaikan antara 25 hingga 35 persen. Namun, kata Darjamuni, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk mengontrol harga hewan kurban karena harga ditentukan oleh pasar.

Jelang Idul Adha 2014, Harga Sapi Naik Rp 1-3 Juta per Ekor

“Kita perkirakan harga hewan kurban naik 25-35 persen dibanding tahun lalu. Tapi kita tidak memiliki kewenangan untuk mengontrol harga,” kata Darjamuni di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (26/9/2014).

Dikatakan, untuk kambing kelas C dengan berat 25-30 kg dijual seharga Rp2 juta hingga Rp2,5 juta. Sementara untuk kambing kelas B dengan berat 30-35 kg dibanderol Rp2,5 juta hingga Rp3 juta. Kenaikannya antara Rp200 ribu hingga Rp300 ribu per ekor. Begitu pula, dengan harga sapi yang naik Rp1 juta hingga Rp3 juta per ekor.

Diakui Darjamuni, pada pelaksanaan Idul Adha tahun ini pihaknya hanya berwenang melakukan pemeriksaan hewan kurban. Baik sebelum maupun saat pemotongan. Dengan demikian diharapkan hewan kurban yang disebar ke masyarakat dalam keadaan sehat.

“Kita sudah mulai lakukan pemeriksaan hewan sejak tanggal 22 September lalu,” ucapnya.

Sejak 22 September lalu, Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta mulai melakukan pemeriksaan hewan kurban. Selama lima hari pemeriksaan pihaknya berhasil mendatangi 150 lokasi penampungan dengan jumlah 7.500 hewan. Sejauh ini, tidak ditemukan hewan yang mengidap penyakit berbahaya.

Dalam pemeriksaan, pihaknya mengerahkan 656 petugas gabungan. Bahkan pihaknya juga dibantu mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Institut Pertanian Bogor (IPB). Pemeriksaan akan terus dilakukan di lima wilayah hingga saat pemotongan berlangsung.

Baca Juga  Resep Daging Empal Goreng yang Empuk dan Lezat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *