TeknoFlas.com – Situs jejaring sosial Ello mulai mencuri perhatian pengguna internet dalam dua pekan terakhir. Ello, yang mengklaim diri sebagai media sosial anti-Facebook, setiap jamnya menerima lebih dari 35.000 permohonan akun baru.

Ello anti FB

Berikut ini fakta-fakta menarik tentang Ello yang mengklaim sebagai media Sosial anti FB seperti dilansir dari Cnet, Senin (29/9/2014)

Mengapa Ello begitu berbeda?

Ello adalah antitesis Facebook. Tak ada iklan dalam media sosial itu dan semua fiturnya adalah reaksi perlawanan terhadap kebijakan-kebijakan kontroversial Facebook.

Media sosial bikinan Paul Budnitz itu, meski demikian, tampak tak jauh beda dengan jejaring sosial lain. Mirip gabungan Tumblr dan Twitter, yang di dalamnya Anda bisa menggungah foto, tulisan pendek dan panjang, serta bisa me-mention nama pengguna lain.

Utamakan privasi

Dalam manifestonya, Ello mengumumkan akan menolak iklan selamanya. Ello menegaskan tidak akan menjual data serta informasi para penggunakan kepada pengiklan dan karenanya tidak akan mereka aktivitas para pengguna.

Lalu bagaimana cara Ello mencari uang? Situs itu mengaku akan menarik bayaran dari beberapa fitur tambahan, seperti saat akan memodifikasi tampilan profil dan transfer data.

Adakah tombol “Like”?

Tidak ada. Menurut penelusuran Cnet, tak ada tombol “Like” di Ello.

Mengapa tidak? Ingat, Like digunakan Facebook sebagai cara paling mudah dan ampuh untuk menganalisis kepribadian pengguna dan data-data itu akan dikumpulkan untuk dijual kepada pengiklan.

Bagaimana cara membuat akun Ello?

Sejauh ini, satu-satunya cara adalah dengan meminta Ello mengundang Anda masuk. Tanpa undangan Anda tidak bisa membuka akun Ello.

Setelah menerima undangan, Anda bisa langsung mendaftar. Anda akan dipersilahkan memilih username, nama untuk ditampilan, dan alamat email – bandingkan dengan Facebook yang mewajibkan Anda memasukkan tanggal lahir serta jenis kelamin.

Mengelola laman profil

Seperti media sosial lainnya, Anda punya laman profil sendiri yang bisa diakses di Ello.co/(username Anda). Profil Anda akan bisa dilihat oleh siapa pun, termasuk mereka yang tak mempunyai akun Ello.

Personal setting

Yang paling menarik dari pengaturan akun Ello adalah Anda diizinkan mematikan Google Analytics. Dengan mematikan program itu, Anda dan perilaku online Anda tidak akan bisa dilacak dan direkam Google.

Anda juga bisa mematikan pilihan Public Profile, sehingga orang-orang yang tidak mempunyai akun Ello tak bisa melihat profil Anda.

Akhirnya ada tombol Delete atau hapus. Jika diklik, akun Anda akan dihapus.

Friends vs Noise

Obrolan dan postingan di Ello terbagi dalam dua kelompok. Pertama adalah kategori Friends, di dalamnya ada postingan dari orang-orang yang terhubung dengan Anda di dalam Ello. Kedua, Noise. Di dalamnya berisi konten-konten dari orang-orang yang Anda golongkan sebagai “noise”.

Anda bisa memasukkan pengguna Ello lainnya sebagai “friend” atau “noise”. Ketika Anda memilih seseorang sebagai “friend”, maka Anda akan mengikuti semua postingan mereka – mirip ketika mengklik “follow” pada Twitter.

Sedangkan ketika mengklik “noise” pada akun seseorang, Anda akan mengikuti aktivitas online orang tersebut, tetapi ia tidak akan diberitahu atau pun sadar bahwa Anda adalah “follower-nya”

Video?

Sejauh ini Anda belum bisa mengunggah video. Anda hanya bisa mengungah foto dalam format JPG, GIF, GIF animasi, dan PNG.

Fitur

Ello masih dalam versi beta, jadi masih mudah menemukan masalah saat menggunakannya. Aplikasi mobile dan fitur blokir pengguna lain, misalnya, belum bisa berfungsi dengan sempurna.