TeknoFlas.com – Facebook (FB) salah satu sosial media yang sangat populer di dunia ini ternyata selalu kembangkan teknologi. Tidak main-main, Facebook mencanangkan untuk menyediakan internet gratis bagi sepertiga populasi dunia di wilayah terpencil.

Drone Pemancar Wifi

Internet gratis ini disebarkan menggunakan pesawat-pesawat tanpa awak bertenaga matahari. Facebook sudah menyiapkan pesawat tanpa awak seukuran Boeing 747 untuk menjadi pemancar internet gratis tersebut. Demikian tutur Yael Maguire selaku direktur teknis Connectivity Lab Facebook dalam acara Social Good Summit.

Setelah AS, Facebook rencananya akan menguji coba teknologinya itu di India dan beberapa negara di Asia, Amerika Latin, serta Afrika. Pesawat-pesawat nirawak raksasa itu akan terbang tanpa henti selama tiga sampai lima tahun memanfaatkan tenaga matahari. Rencananya Facebook akan mempersiapkan satu pilot jarak jauh yang bertugas mengemudikan 100 pesawatnya.

Menerbangkan pesawat tanpa henti dalam waktu lama secara teori tidak mustahil, demikian kata Solar Impulse 2, perusahaan yang memproduksi pesawat bertenaga matahari. Facebook kini sedang berupaya untuk menyesuaikan teknologinya dengan aturan penerbangan sipil maupun militer di AS.