TeknoFlas.com – Siapa sangka Anda bakal mengira jika Microsoft akan menamai seri OS terbarunya bernama Windows 9 sebagai penerus Windows 8. Namun, diluar dugaan nama sistem operasi ini bukan Windows 9, melainkan Windows 10.

Windows 10

Sebelumnya beredar kabar jika Windows 9 dirilis April 2015. Tanggal 30 September waktu Pasifik Amerika Serikat, Microsoft mengumumkan kehadiran sistem operasi terbarunya yang diberi nama Windows 10. Tidak ada penjelasan khusus mengapa Microsoft memilih nama Windows 10, alih-alih Windows 9, sebagai penerus sistem operasi yang ada saat ini, Windows 8.

Dikutip dari Jalan Tikus, Rabu (01/10/2014), dalam rilis resminya, Terry Myerson, Executive Vice President of The Operating Systems Group Microsoft, mengungkapkan, “Windows 10 merupakan langkah pertama dari generasi Windows yang benar-benar baru yang memberikan pengalaman baru dalam bekerja, bermain, dan terhubung”.

Microsoft melanjutkan konsep pengembangan satu sistem operasi untuk semua platform. Oleh karena itu, Windows 10 juga akan bisa berjalan pada beragam perangkat – mulai dari Internet of Things sampai server di berbagai datacenter. Dari perangkat yang mempunyai layar 4 inci, 80 inci, bahkan perangkat yang tanpa layar juga bisa menjalankan Windows 10. Termasuk perangkat yang menggunakan layar sentuh dan stylus, mouse dan keyboard, controller dan gesture, atau perangkat yang bisa menggunakan beberapa input.

Beberapa perbaikan dan pembaruan yang ada di Windows 10 di antaranya Start Menu yang berfungsi penuh seperti pada Windows 7, integrasi yang lebih baik pada imput layar sentuh dengan keyboard dan mouse, aplikasi yang di-download dari Windows Store bisa berjalan sama seperti program desktop, dan virtual desktop.

Fitur-fitur Windows 10 lainnya yang sudah tersebar luas bocorannya seperti Cortana tetap akan tersedia. Selain itu, tampilannya juga tidak akan jauh berbeda seperti bocoran screenshot Windows 9 yang beredar belum lama ini.

Meski sudah diumumkan, Windows 10 belum akan tersedia untuk umum. Pasalnya, Windows 10 yang diumumkan ini adalah versi Technical Preview. Microsoft mendistribusikan Windows 10 Technical Preview ini untuk kalangan terbatas mulai 1 Oktober. Belum ada keterangan pula mengenai harga Windows 10 ini.