TeknoFlas.com – Sistem operasi terbaru BlackBerry diumumkan September lalu yaitu BlackBerry OS 10.3. OS terbaru BlackBerry ini diluncurkan bersamaan dengan ponsel Passport dan Porsche Design P’99831. Kabar terbaru, BlackBerry akan merilis update OS 10.3.1.

OS BlackBerry 10.3

Update ini diperuntukkan semua smartphone BlackBerry 10, termasuk Passport dan Porsche Design P’9983. Seperti apa fitur baru yang bakal ditawarkan BlackBerry OS 10.3.1? Berikut ulasannya dikutip dari Gopego.

Notification Profiles
Sama seperti BeBuzz dan Hub++ apps, jika pengguna tidak puas dengan preloaded profiles, maka BlackBerry 10.3.1 akan memungkinkan Anda untuk membuat custom profile. Bahkan Anda juga bisa menawami custom profile buatan Anda tersebut dengan sembarang nama.

Recent Contact Management
Fitur baru ini bisa Anda temukan dalam setting Hub. Saat Anda membukanya, maka Recent Contact Management akan menunjukkan daftar siapa saja yang baru saja menghubungi Anda. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah menghubungi kembali, baik melalui email atau menambahkan orang yang baru saja menghubungi Anda tersebut pada daftar kontak.

Charge Only Mode
Jika Anda ingin mengisi baterai dengan cepat melalui USB, maka Anda bisa mengaktifkan Charge Only Mode. Seperti namanya, Charge Only Mode akan menonaktifkan semua aktivitas USB kecuali untuk charge.

Selain yang disebutkan di atas, update BlackBerry OS 10.3.1 juga akan menghadirkan berbagai fitur baru seperti: Battery Saving Mode, Workspace Camera, kemampuan untuk menandai gambar atau video yang ingin disembunyikan, Map View of Picture, kustomisasi Hotkeys dari Home Screen (khusus keyboard fisik) dan masih banyak lagi fitur baru yang menarik lainnya.

Saat ini para developer sudah mulai bisa mendapatkan BlackBerry 10.3.1 beta SDK untuk mempersiapkan aplikasi pada update terbaru. Sementara itu, BlackBerry OS 10.3.1 kemungkinan akan rilis di bulan November bersamaan dengan debut BlackBerry Classic.