TeknoFlas.com – Disamping perawatan dari luar yang cukup, kesehatan kulit dan keindahan rambut anda juga dipengaruhi oleh asupan makanan dan kebiasaan hidup sehat. Adalah suatu hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa jenis makanan akan mempengaruhi kesehatan kulit dan keindahan rambut Anda. Asupan gizi dan nutrisi yang cukup akan mendukung menjadikan kecantikan anda semakin sempurna.

Tips Cara Merawat Rambut dan Kulit Agar Senantiasa Sehat

Dr David Bank selaku Pendiri dan direktur The Center for Dermatology di New York, Amerika Serikat, mengungkap banyak rahasia mengenai manfaat makanan bagi kulit Anda. Dibawah ini adalah penjelasan dr Bank yang dikutip oleh sebuah situs kecantikan, beautyhigh.

Dilansir laman Kompas, Rabu (8/10/2014), Menurut dr Bank, Buah-buahan seperti jeruk dan nanas yang tinggi sumber vitamin C, membantu membentuk kolagen sehingga rambut tampak sehat dan berkilau. Begitu juga dengan makanan yang mengandung biotin. Makanan ini dapat merangsang pertumbuhan rambut mulai dari akarnya agar sehat dan kuat. Salah satu contoh makanan yang mengandung biotin adalah kacang, almon, dan telur.

Protein merupakan zat penting. Mengonsumsi protein, seperti ikan, kacang-kacangan, telur, yogurt, dan daging tanpa lemak juga membantu menyehatkan rambut.

Dr bank juga menjelaskan “Yogurt mengandung kalsium, protein, potassium, dan vitamin yang tidak hanya baik bagi nutrisi tubuh Anda, tapi juga terbukti sebagai sumber gizi yang dapat membantu pertumbuhan rambut yang kuat dan sehat,”.

Untuk masalah-masalah kulit, dr Bank menyarankan agar memperhatikan apa yang Kita konsumsi. Untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat disarankan untuk mengurangi mengonsumsi makanan olahan, produk-produk yang mengandung kadar gula dan garam yang tinggi serta soda. Sebagai gantinya, konsumsilah air, buah segar, dan sayur-sayuran.
Penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang dikonsumsi tubuh Anda, terutama zat-zat yang terkandung dalam produk perawatan. Beberapa kandungan yang dapat membahayakan bagi kulit Anda adalah diethanolamine dan monoethanolamine. Kedua kandungan ini adalah zat kimia yang mengganggu hormon yang biasa ditemukan di sampo dan sabun, serta dapat menimbulkan risiko kanker. Perlu Anda ketahui, kandungan lain yang umum terdapat pada produk perawatan kulit dan rambut adalah petrolatum, zat yang bisa menghambat bernapasnya kulit.

Jangan meremehkan gula, konsumsi gula yang berlebih akan membuat kulit sulit menyerap protein. Proses ini dinamakan glikasi. Protein di dalam kulit, seperti kolagen menjaga kulit awet muda, padat, dan kencang. protein ini rawan terhadap glikasi. Akibatnya konsumsi gula berlebihan akan membuat kulit anda lebih cepat kendur.