TeknoFlas.com – Bagaimana tips cara menghilangkan bulu halus agar kulit menjadi halus dan cantik? Keberadaan bulu halus pada kulit oleh kebanyakan wanita dianggap mengurangi kecantikan. Sebab itu banyak wanita melakukan [perawatan untuk menghilangkan bulu atau rambut di tubuh agar terlihat lebih cantik dan halus.

Tips Cara Menghilangkan Bulu Halus agar Kulit Menjadi Halus dan Cantik

Di sisi lain membersihkan bulu halus ini bias dikatakan gampang-gampang susah. Metode yang dilakukan harus benasr-benar aman. Karena, kesalahan memilih metode justru bisa membuat kulit belang, bahkan disertai infeksi.

Secara Ilmiah keberadaan rambut di tubuh manusia memiliki fungsi masing-masing. Contohnya, rambut hidung berfungsi sebagai penyaring kotoran agar tak masuk ke saluran pernapasan saat menghirup udara. Sayangnya, kebanyakan wanita tidak menyukai keberadaan rambut pada bagian tubuh tertentu. Maka dari itu banyak yang mencari jenis perawatan untuk menghilangkan rambut, entah yang berada di bagian tubuh seperti kumis, bawah lengan (ketiak), kaki, tangan, bahkan daerah organ kelamin.

Dalam dunia kedokteran, dikenal dua metode penghilang rambut, yakni melalui prosedur hair removal atau lebih lazim disebut waxing atau menggunakan krim penghilang rambut, dan hair reduction atau pengurangan bulu. Pada dasarnya waxing dapat diaplikasikan pada seluruh jenis rambut, namun metode waxing tidak dianjurkan. karena, selain rasa sakit yang akan muncul, hasil dari metode ini juga tak permanen.

Beberapa orang bias memiliki alergi terhadap bahan waxing. Indikasinya beragam, mulai dari kulit yang memerah akibat iritasi, rasa gatal, hingga infeksi. Bahkan pernah dilaporkan waxing juga mengakibatkan inground hair, yaitu rambut yang tumbuh ke dalam kulit sehingga menimbulkan nyeri dan bengkak. Oleh sebab itulah Waxing dianggap sebagai metode berbahaya.

Hair reduction dilakukan dengan cara mengurangi bulu secara bertahap. Metode ini lebih digemari karena rasanya yang nyaman serta prosedurnya yang dinilai lebih aman. Ada dua macam cara, yaitu menggunakan alat IPL (Intense Pulsed Light) dan laser. Untuk laser, cara ini sudah banyak ditinggalkan karena tidak nyaman, lebih nyeri, dan tingkat keberhasilan yang rendah.

IPL sendiri merupakan cara yang digemari dan dinilai tepat. Sebab, alat yang bekerja dengan energi panas ini dinilai lebih selektif pada zat melanin yang terletak di ujung folikel rambut dan tidak akan melukai daerah lainnya. Sedangkan lama prosesnya tergantung pada besar-kecilnya daerah rambut yang dihilangkan, berikut karakter rambut setiap orang yang berbeda-beda.

Meski begitu, harap diingat, IPL hanya berfungsi mereduksi rambut saja, bukan menghilangkan. Folikel rambut yang tadinya besar, secara bertahap pun akan mengecil. Hasilnya, sekilas rambut akan terlihat hilang, meski sebenarnya hanya berkurang.

Selain Pemilihan metode kita harus selektif memilih klinik perawatan. Sebaiknya, pastikan dulu metode yang digunakan (hair removal atau hair reduction). Jangan lupa pilih klinik yang ditangani oleh dokter profesional. Pasalnya, jika operator tidak cermat dan tidak mengerti dosis yang tepat ketika mengaplikasikan alat, kulit berisiko kemerahan, belang, dan tidak indah secara estetika.

Syarat utama untuk kulit bebas bulu ini pasien tidak boleh menderita kelainan kulit, terkena infeksi, atau terpapar virus. Selain itu, pasien dituntut untuk menaati SOP-nya. Misalnya, tidak boleh terkena sinar matahari dan lain sebagainya. Namun, bagi mereka yang tidak yakin untuk mengikuti perawatan penghilang rambut, merawat rambut di tubuh agar tetap bersih dan lembap saja sudah cukup.