TeknoFlas.com – ASUS Zenfone 4 dan Zenfone 5 akhirnya rilis update untuk sistem operasi Android KitKat 4.4.2. Diberitakan, ASUS sudah menyediakan update Android KitKat 4.4.2 untuk kedua smartphone ini mulai awal bulan Oktober.

Update Android KitKat ASUS Zenfone

Seperti dikutip dari Jalan Tikus, pdate OS terbaru ini sudah dipadukan dengan spesifikasi hardware-nya yang mumpuni serta harganya yang bersahabat akan semakin menambah daya tarik keluarga ZenFone.

Beberapa fitur baru yang hadir bersamaan dengan update ini adalah Do Not Disturb Mode, Call Guard (khusus untuk model yang dijual di Cina dan Taiwan), dan aplikasi-aplikasi di Quick Tool Box yang bisa dikustomisasi.

Selain itu, ada pula Extended Easy Mode dengan Contacts, Call Log, Dialer dan aplikasi Messaging yang lebih mudah dibaca saat pengguna memakai Easy Mode. Sedangkan ASUS ZenUI Launcher yang baru kini bisa menampilkan missed calls, unread e-mail, dan unread messages dari daftar kontak VIP.

Fitur editing foto dan kamera juga mengalami peningkatan dengan adanya Image Stabilization otomatis dan filter efek untuk video. Fitur lainnya adalah tingkat transparansi widget yang bisa diatur oleh pengguna, Swipe to skip cards, dan Quik Action Button untuk menuju notifikasi berikutnya.

Namun fitur yang paling menarik dari update ini adalah Data Transfer-Data Migration yang akan membantu pengguna untuk memindahkan data dari perangkat lain ke ZenFone dengan bantuan PC Link dan Remote Link.

Saat ini, update Android KitKat untuk Zenfone 4 dan ZenFone 5 memang belum tersedia di Indonesia. Pengguna yang sudah tidak sabar bisa meng-update-nya secara manual dengan men-download file berukuran 456 MB dari website ASUS.

Namun, ASUS memperingatkan untuk berhati-hati sebelum melakukan update manual. Pasalnya, file firmware yang tidak cocok dengan model smartphone bisa mengakibatkan kegagalan sistem (brick). Jadi, pastikan model ZenFone kamu dengan mengeceknya melalui Settings |About |Model sebelum men-download firmware-nya.

Update Android KitKat ini baru tersedia untuk Zenfone 4 (A400CG) dan ZenFone 5 (A500/A501CG). Sementara ZenFone 6 hanya mendapatkan update minor untuk memperbaiki bugs yang ada. Tapi, kami yakin tak lama lagi Zenfone 6 juga segera mendapatkan upgrade ke Android KitKat.