TeknoFlas.com – Tarakan akan menggelar tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 mulai 17-24 Oktober mendatang. Adapun tes yang diujikan adalah Tes Kompetensi Dasar (TKD).

Jadwal Tes CPNS 2014 Tarakan

Sebanyak 1.848 pelamar CPNS akan mengikuti TKD dengan sistem baru yaitu Computer Assisted Test (CAT). Demikian penyampaian Amas Ramadhan selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) CAT Penerimaan CPNS Tarakan 2014.

Diharapkan para peserta TKD dari luar daerah dapat tiba di Tarakan tepat waktu. Sebanyak 1.848 pelamar CPNS akan terbagi dalam 37 kelompok. Tiap hari, 5 kelompok melaksanakan TKD. Terkecuali hari Jumat, hanya 4 kelompok, dua kelompok sebelum salat Jumat, dan 2 kelompok setelah salat Jumat.

Jadwal hari dan jam tes CPNS tiap kelompok atau sesi dapat dilihat di papan pengumuman dan website BKD Tarakan. Anda bisa melihat jadwal hari dan jam tes CPNS Tarakan disini.

Sejumlah poin tata tertib yang ada, di antaranya peserta dilarang menggunakan kaos dan sandal saat TKD. Wajib menggenakan baju berkerah dan rapi serta bersepatu. Peserta juga tak dibenarkan membawa peralatan seperti handphone, laptop, kalkulator dan lainnya, terkecuali alat tulis dan kertas.

Barang bawaan peserta juga wajib dititipkan kepada panitia. Dalam hal ini, BKD Tarakan menyediakan loker khusus peserta TKD sejumlah 54 unit. Barang bawaan peserta akan ditempatkan di dalam loker, dan dikunci agar tak tercecer atau hilang.

TKD metode CAT penerimaan CPNS Tarakan akan digelar di Gedung Serbaguna Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan. Pada hari pelaksanaan, kelompok pertama dimulai pukul 8 pagi, sementara kelompok terakhir atau kelima dimulai pukul 4 sore. Tiap kelompok mendapatkan jatah waktu pengerjaan soal dan pra-tes selama 1,5 jam.

Bagi peserta yang belum mengambil kartu peserta TKD, BKD memberikan kesempatan hingga H-2 jadwal TKD yang bersangkutan. Lebih dari itu, peserta dianggap tak mengambil kartu peserta, dan dinyatakan gugur. Sebelumnya juga disampaikan bahwa jadwal TKD tiap peserta, tak bisa digeser. Ini berkaitan dengan kesibukan panitia seleksi nasional dalam hal penyediaan server bank soal. Walhasil, peserta yang tak mengikuti TKD sesuai jadwal akan dinyatakan gugur.(JPNN)