TeknoFlas.com – Pengumuman susunan nama-nama Menteri Kabinet Jokowi JK yang diberi nama Kabinet Trisakti memang belum diketahui secara pasti namaun ada banyak bocoran-bocoran yang beredar mengenai nama-nama calon menteri yang akan menjadi pembantu Presiden jokowi dalam menjalankan roda pemerintahan.

Berita kabinet Jokowi

Karena ada rencana perubanan kementerian dan nama, maka Presiden Jokowi melayangkan surat ke Dewan perwakilan rakyat. Ketua DPR Setya Novanto telah menerima surat Presiden Jokowi soal perubahan kementerian. Dia pun membuka sedikit soal isi surat itu.

“Seingat saya ada Kementerian Pendidikan jadi dua, (pendidikan) dasar dan (pendidikan) tinggi dipisahkan. Saya juga tak lihat ada Menko Maritim,” kata Novanto kepada wartawan di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Rabu (22/10/2014).

Novanto mengumumkan penerimaan surat itu pukul 12.30 WIB hari ini. Dia mengatakan akan segera membahas surat itu bersama pimpinan DPR yang lain.

“Mudah-mudahan bisa kita selesaikan secepatnya demi rakyat Indonesia. Ini akan kita sesuaikan pasal 18 UUD 1945 tentang adanya efisiensi. Kita akan jawab secepatnya supaya memudahkan Presiden,” ujarnya.

Apakah Presiden Jokowi dapat langsung mengumumkan kabinet?

“Makanya kami coba secepatnya berikan pertimbangan,” jawab Novanto.

Tempat Pengumuman Susunan Kabinet Trisakti Jokowi

Ada tiga tempat yang salah satunya akan menjadi lokasi pengumuman Kabinet Jokowi-JK. Jika mengingat imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ‘kerja, kerja, dan kerja’, beberapa pihak menilai tak perlu lagi langkah-langkah penuh simbol seperti pemilihan lokasi pengumuman kabinet kali ini.

“Kalau mengingat kata Pak Jokowi yang ‘kerja, kerja, dan kerja’, itu sudah 18 kali disampaikan, sudah nggak perlu lagi simbol-simbol seperti itu,” ujar pakar komunikasi politik Lely Aryani saat berbincang dengan detikcom, Rabu (22/10/2014).

Lely menilai yang terpenting saat ini dilakukan Jokowi terkait kabinetnya adalah memastikan nama-nama menterinya nanti adalah orang yang bersih sesuai dengan ekpektasi masyarakat. Ditambah lagi menurutnya, langkah Jokowi yang melibatkan KPK dan PPATK dalam proses penyusunan kabinetnya sudah cukup.

“Simbol-simbol yang menekankan menteri bersih kan sudah dia lakukan dengan menyerahkan nama-nama ke KPK. Soal jujur dan merakyat, sudah cukup di situ,” imbuhnya.

Jokowi saat ini juga telah menyampaikan surat pertimbangan untuk pengubahan dan pembentukan kementerian baru kepada DPR RI. Upaya komunikasi politik ini juga dinilai menjadi langkah yang baik.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi akan mengumumkan susunan kabinetnya hari ini. Pria Solo ini mengatakan pihaknya akan mengumumkan nama-nama para pembantunya di lokasi khusus.

Ada tiga lokasi di Jakarta yang kemungkinan akan menjadi tempatnya mengumumkan kabinet. Tiga tempat tersebut adalah Tanah Abang, Pluit atau Tanjung Priok. Hingga saat ini belum ada kepastian lokasi mana yang akan dipilih Jokowi.