TeknoFlas.com – Bau mulut adalah salah satu momok bagi seseorang yang dapat mengurangi rasa percaya diri saat bergaul. Bau mulut membuat orang tidak leluasa untuk berbicara dan bisa menghambat komunikasi. Dilaporkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), 9% orang melaporkan mengalami bau mulut dalam 6 bulan terakhir ini.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Sebenarnya apa saja penyebab bau mulut? Kopi, alkohol, bawang, dan bawang putih dapat menyebabkan bau mulut. Namun, para ahli sepakat nomor satu alasan orang menderita bau mulut kronis adalah kebersihan mulut yang buruk.

Jutaan bakteri hidup di bawah garis gusi dan di bagian belakang lidah. Jika tidak secara teratur dan benar dibersihkan, bakteri akan makan dari protein dan partikel makanan di mulut, serta melepaskan gas yang dikenal sebagai senyawa sulfur volatil.

Nah agar kita terhindar dari bau mulut, berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkannya:

1. Cek ke dokter gigi
Sangat penting untuk mencari tahu di mana bau itu berasal, dan apakah itu karena kondisi medis atau masalah gigi. Karena, bakteri dapat hidup di kantong bawah garis gusi. Dokter gigi dapat memastikan Anda menyikat gigi dan flossing dengan benar.

2. Menyikat gigi
Menyikat gigi setelah makan atau setidaknya dua kali sehari akan menjaga bau mulut.

3. Benang gigi
Sikat gigi ultrasonik adalah pilihan, tapi cara terbaik untuk membersihkan gigi geligi dengan bmenggunakan benang gigi setelah menyikatnya.

4. Minum air
Jika Anda tidak minum cukup air, saliva (air liur) menurun yang dapat menyebabkan bau menjadi lebih terkonsentrasi.

5. Pilih obat kumur
Obat kumur melakukan pekerjaan yang besar membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

6. Gunakan sikat lidah
Menyikat lidah hanya sampai ke permukaan, tetapi pengikis lidah digunakan setiap kali menyikat gigi jauh lebih efektif.

7. Minum segelas anggur
Sebuah penelitian terbaru di Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa minum anggur merah dalam jumlah sedang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

8. Mengigit apel
Buah kaya serat, dan sayur yang memerlukan banyak mengunyah membantu membersihkan. Sedangkan, vitamin C akan membunuh bakteri.

9. Mengunyah permen karet
Mengunyah permen karet tanpa gula sepanjang hari dapat membantu untuk membersihkan partikel makanan di gigi dan menjaga mulut lembap.

10. Minum teh
Ganti minum kopi sore hari dengan teh hijau atau hitam. Keduanya mengandung polifenol yang mencegah pertumbuhan bakteri.

11. Minum probiotik
Suplemen probiotik dapat membantu untuk mengurangi jamur candida yang hidup pada permukaan lidah.