TeknoFlas.com – Anda tahu mentimun? Mentimun merupakan jenis sayuran yang hampir seluruh dunia membudidayakan. Di Indonesia, mentimun biasanya dijumpai sebagai lalapan hidangan seperti pecel lele, ayam bakar atau yang lainnya.

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Sayuran ini dikenal sebagai salah astu sayuran yang bagus untuk kesehatan. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat dan mengonsumsi sayur untuk tubuh kita dikutip dari Kabar24.

1. Mengatasi kekurangan cairan tubuh
Jika Anda terlalu sibuk minum cukup air, makan mentimun dingin, karena mentimun mengandung 90 persen air. Ini akan mengompensasi cairan tubuh yang hilang.

2. Menghilangkan racun
Air pada mentimun bertindak sebagai sapu virtual, menyapu produk-produk limbah di tubuh Anda. Dengan makan teratur, mentimun dikenal untuk melarutkan batu ginjal.

3. Mengisi ulang vitamin harian
Mentimun memiliki sebagian besar vitamin yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Vitamin A,B dan C, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh membuat Anda bersinar dan memberi Anda energi. Anda lebih kuat dengan jus mentimun dengan bayam dan wortel. Jangan membuang kulit mentimun karena mengandung sejumlah vitamin C. Kandungan vitamin C mentimun sekitar 12 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan

4. Menyegarkan mulut
Mentimun menyembuhkan dan menyegarkan gusi yang sakit. Iris mentimun dan tekankan ke langit-langit mulut dengan lidah selama setengah menit, atau dapat mengunyahnya. Kandungan phytochemcials apda timun akan membunuh bakteri di mulut Anda yang menyebabkan bau mulut.

5. Membantu pencernaan dan penurunan berat badan
Karena mengandung air yang tinggi dan rendah kalori, mentimun merupakan sumber ideal untuk menurunkan berat badan. Gunakan mentimun dalam sup dan salad. Jika tidak jadikan camilan favorit Anda. Mengunyah mentimun memberikan rahang Anda latihan yang baik, dan serat di dalamnya sangat bagus untuk pencernaan. Konsumsi harian mentimun dapat dianggap sebagai bantuan untuk sembelit kronis.

6. Mencegah kanker
Mentimun mengandung secoisolariciresinol, lariciresinol dan pinoresinol. Ketiga zat ini memiliki hubungan yang kuat dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker termasuk ovarium, payudara, prostat dan kanker rahim.

7. Bantu sembuhkan diabetes, kurangi kolesterol
Para peneliti telah menemukan bahwa senyawa yang disebut sterol dalam mentimun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Mentimun mengandung banyak serat, kalium dan magnesium. Nutrisi ini bekerja secara efektif untuk mengatur tekanan darah. Itulah mengapa mentimun baik untuk mengobati darah tinggi dan tekanan darah rendah.