TeknoFlas.com – Setelah pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden RI dan Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden periode tahun 2014 sampai 2019, Akhirnya susunan kabinet kementerian diumumkan. Ada yang menarik dari sususan kabinet Jokowi, salah satunya yang menduduki kementerian Perikanan. Susi Pudjiastuti telah ditunjuk Jokowi sebagai menteri Kelautan dan perikanan. Susi berasal dari kalangan profesional dan bukan dari partai politik.

Susi Pudjiati

susi mengawali usahanya dari nol sebagai penjual ikan di daerah pangandaran, Jawa Barat. Di mata Jokowi, Susi Pudjiastuti juga merupakan wirausaha pekerja keras yang berhasil membangun usahanya dari nol. Jokowi yakin beliau dapat melakukan perbaikan kebijakan di lingkungan Kementerian kelautan dan perikanan.

“Beliau (Susi Pudjiastuti) memulai usaha dari jualan ikan di TPI (tempat pelelangan ikan),” kata Presiden Joko Widodo di Jakarta.

Susi Pudjiastuti yang lahir pada tanggal 15 Januari 1965 merupakan Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Marine Product (eksportir hasil-hasil perikanan) dan PT ASI Pudjiastuti Aviation (maskapai penerbangan Susi Air). Tercatat Hingga awal tahun 2012, Susi Air memiliki 32 pesawat dengan berbagai tipe seperti Cessna Grand Caravan, 9 Pilatus PC-06 Porter, dan 3 Piaggio P180 Avanti. Susi Air mempekerjakan 180 pilot, dengan 175 di antaranya merupakan pilot asing.

Penunjukan Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, menurut Atjo, adalah kesadaran penuh dari Presiden Jokowi bahwa nilai tambah sektor KP harus didorong dengan menyediakan sarana angkutan yang memadai (khususnya angkutan udara).

Berbagai opini yang berkembang atas ditunjuknya Susi Pudjiastuti kini makin ramai diperbincangkan. Karena seperti diketahui Susi bukanlah seorang politisi namun dari kalangan profesional yang sukses dengan bisnisnya. menteri Kelautan dan Perikanan yang baru diharapkan segera meningkatkan konsolidasi terkait instrumen perhubungan dengan peningkatan produktivitas dan daya saing sektor KP.