TeknoFlas.com – Salah satu admin akun twitter @TrioMacan2000 yang bernama Edi Saputra ditangkap aparat Subdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya karena dugaan memeras petinggi PT Telkom. Pada saat di sergap Edi sendang berada di tempat tongkrongannya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan untuk menerima uang hasil pemerasan.

Admin Akun Twitter TrioMacan2000 Ditangkap Polisi

“Dia kami tangkap saat menerima Rp 50 juta dari karyawan pelapor,” ujar Kasubdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya AKBP Hilarius Duha saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (29/10/2014).

Sebelumnya, pemilik akun Twitter TrioMacan2000 ini dilaporkan oleh salah satu petinggi PT Telkom karena melakukan pencemaran nama baik lewat sosial media tersebut.

“Namun setelah mencemarkan nama baik, ujung-ujungnya meminta uang,” kata dia.

Merasa jengkel dengan hal itu, pelapor pun melaporkan akun @TrioMacan2000 ini ke Polda Metro Jaya. Ketika diminta memberikan sejumlah uang, polisi kemudian meminta pelapor untuk memancing tersangka.

“Awalnya minta ketemu di pom bensin, tetapi setelah di pom bensin, dia (Edi-red) ubah tempatnya menjadi di tempat biasa dia nongkrong, di Tebet,” jelasnya.

Edi disergap polisi pada Senin (27/10) malam lalu. Ia tidak bisa berkutik lagi ketika menerima uang dari pelapor.

Edi kini diamankan di Mapolda Metro Jaya. Dia masih diperiksa intensif. Polisi masih mengorek keterangan dari dia terkait keterlibatan pihak lain, termasuk melacak korban-korban lainnya selain petinggi PT Telkom,

Modus yang dilakukan akun twitter itu dengan berkicau mengenai seseorang atau perusahaan antara lain BUMN. Setelah kicauannya ramai, kemudian melakukan negosiasi. Salah satunya seorang petinggi Telkom yang ‘dihajar’ di twitter.

“Namun setelah mencemarkan nama baik, ujung-ujungnya meminta uang,” timpal Kasubdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya AKBP Hilarius Duha.

Polisi membidik Edi dengan pidana pemerasan dan juga UU ITE. “Masih kita periksa,” teang Hilarius.