TeknoFlas.com – Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang belum ditemukan obatnya, namun kita bisa mencegahnya sejak dini. Veronica Basuki Tjahaja Purnama sebagai ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) mengatakan pola makan yang bergizi dan teratur bisa mengurangi risiko timbulnya segala jenis kanker.

Tips Mencegah Kanker

Dia menjelaskan bahwa makan yang bersih, teratur dan bergizi setidaknya dapat mencegah munculnya bibit-bibit kanker di dalam tubuh. Selain pola makan, pemeriksaan kesehatan secara rutin juga turut membantu mengurangi risiko penyakit berbahaya itu. [BACA : Cegah Kanker dengan Minum Teh Hijau]

Hal ini bisa dilakukan dengan rutin ke rumah sakit untuk sekedar cek kesehatan atau USG biasa. Berolahraga teratur juga menjadi pilihan gaya hidup yang bisa mencegah penyakit kanker secara dini.

Menurut dia, kanker 10 persen disebabkan oleh faktor genetik, sisanya muncul dari kurangnya kesadaran menjaga kesehatan diri baik dari dalam maupun luar tubuh.

“Masyarakat banyak yang belum tahu mengenai pencegahan-pencegahan dini melawan kanker, hal ini adalah masalah serius,” tutur Veronica.

Masyarakat luas sering mengonsumsi minyak goreng bekas berkali-kali, tanpa disadari hal ini telah memicu bibit kanker.