TeknoFlas.com – Tak bisa dipungkiri tubuh manusia memang memang memerlukan asupan vitamin dan mineral yang mencukupi untuk melindungi diri dari serangan penyakit. Namun ternyata terdapat satu vitamin yang dapat membantu mencegah penyakit kanker, yaitu vitamin K.

Cegah Kanker dengan Mencukupi Asupan Vitamin K

Sebuah penelitian telah dilakukan dan hasilnya menunjukkan ternyata orang yang mengkonsumsi asupan tinggi vitamin K, memiliki resiko terserang kanker lebih rendah daripada mereka yang kekurangan asupan vitamin K. terutama untuk kanker paru-paru dan prostat.

Dilansir laman Vemale, Kamis (30/10/2014) Vitamin K memiliki dua bentuk, yaitu K1 atau phylloquinone dan K2 atau menaquinone. Vitamin K1 banyak terdapat dalam pada sayuran hijau dan minyak sayur seperti minyak kanola dan minyak kedelai. Sedangkan K2 banyak terkandung dalam daging dan keju.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dengan mengkonsumsi kedua vitamin K tersebut terbukti bahwa yang banyak mengonsumsi vitamin K1 lebih mungkin mencegah kanker daripada K2 yang justru memberi dampak sebaliknya.

Konsumsi vitamin K sehari-hari yang dianjurkan adalah sekitar 120 mikrogram untuk pria dan 90 mikrogram untuk wanita. Oleh karena itu sangat penting mengkonsumsi sayur dan buah terutama sayur hijau. Selain menjaga tubuh sehat, juga dapat mencegah sel kanker muncul di dalam tubuh.