TeknoFlas.com – Cara Melacak BlackBerry 10 yang Hilang dengan BlackBerry Protect – Para pemilik smartphone terbaru BB yang berbasis sistem operasi BlackBerry 10 mungkin tidak perlu takut berlebihan ketika perangkatnya hilang. Karena kini telah hadir aplikasi dengan fitur terbaru yaitu BlackBerry Protect.

Cara Melacak BlackBerry 10 yang Hilang dengan BlackBerry Protect

BlackBerry Protect tersedia sebagai fitur standar di setiap perangkat BlackBerry 10, dimana dengan memanfaatkan fitur ini, pengguna memiliki kemampuan untuk mengunci (lock), memberi peringatan, menghapus data, hingga melacak perangkat dari jarak jauh.

Selain itu, pemilik perangkat dengan OS BlackBerry 10 juga dapat melakukan back-up data ke cloud service sehingga bisa mendapatkan kembali informasi penting apabila terjadi kehilangan perangkat.

Menariknya, fitur BlackBerry Protect ini secara otomatis sudah langsung tersematkan di setiap perangkat BlackBerry 10.

Ketika pengguna menyalakan handset BB 10 untuk kali pertama, mereka akan diminta untuk membuat atau log-in ke akun BlackBerry ID. Dengan menggunakan akun ini, nantinya pengguna dapat mengaktifkan fitur BlackBerry Protect kemudian pengguna dapat menjalankan semua fungsi BlackBerry Protect melalui situs protect.blackberry.com.

Melalui situs tersebut, pemilik BlackBerry bisa melihat lokasi terakhir dari perangkat BB10 mereka. Dengan bantuan jasa Bing Maps, keberadaan smartphone yang hilang itu bisa dideteksi.

Salah satu kelemahan fitur BlackBerry Protect ini adalah menggunakan GPS dari perangkat BlackBerry 10 sehingga apabila handset kehilangan sinyal, maka akan mengalami kesulitan dalam melacak keberadaan smartphone yang hilang.

Fitur menarik lainnya yang ditawarkan adalah Play dimana dengan fitur smartphone bias dibuat “berteriak” atau mengeluarkan bunyi yang cukup kencang selama beberapa detik. Fitur ini juga bias diakses melalui situs BlackBerry Protect. Manfaat dari fitur ini akan terasa jika smartphone yang hilang masih berada di dekat pemiliknya, sebagaimana dikutip dari situs tekno.kompas.com, Senin (9/4/2013).

Langkah terakhir yang bisa dilakukan jika BB10 tidak bias ditemukan adalah dengan mengunci smartphone atau mengunci semua data sehingga data-data pengguna akan aman.

Kekurangan lainnya dari fitur BlackBerry Protect ini adalah tidak adanya back-up data secara nirkabel karena untuk melakukannya hanya mungkin dilakukan melalui software khusus BlackBerry 10.