TeknoFlas.com – Apa yang Anda bisa ketahui dibalik warna tangan & kuku? Studi kasus terbaru menyebutkan bahwa tangan bisa dijadikan sebagai indikator kesehatan tubuh kita. Bagaimana caranya?

Cara Mendeteksi Penyakit dengan Tangan Kuku

Berikut 6 hal yang mungkin tangan, dan kuku katakan seputar kesehatan Anda:

1. Gangguan peredaran darah
Jika ujung jari sering berwarna biru atau abu-abu, mungkin Anda terkena penyakit Raynaud. Pada kondisi ini arteri lebih kecil, sehingga sirkulasi darah terbatas.

Wanita lebih berisiko terserang Raynaud dibanding pria, jika tinggal di daerah yang bersuhu lebih dingin. Kabar baiknya adalah sebagian besar gejala, seperti mati rasa jari tangan dan kaki, dapat dengan mudah diatasi dengan menjaga daerah-daerah tersebut tetap hangat. Obat-obatan juga tersedia untuk membantu jika diperlukan.

2. Tiroid tak bekerja benar
Jika jari membengkak seperti sosis tanpa alasan, kemungkinan itu adalah kesalahan dari tiroid. Tentu saja, ada faktor lain untuk dipertimbangkan.

Maka, jari yang membengkak tidak selalu berarti metabolisme tubuh tak bekerja sebagaimana mestinya. Misalnya, melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, makan makanan asin, panas yang berlebihan, dan menjadi pramenstruasi, semuanya dapat meningkatkan kemungkinan tersebut.

3. Osteoartritis
Lihatlah sendi jari Anda, apakah keluar dari tempatnya atau tampak cacat? Jika demikian, hal itu bisa menjadi tanda menderita osteoartritis.

Osteoartritis adalah kondisi sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. Kondisi ini akan disertai beberapa tingkat rasa sakit, ketidaknyamanan, dan rasa gatal.

Jika ini penyebabnya, rasa gatal dapat diatasi dengan menggunakan pereda rasa nyeri atau mmenggunakan air panas atau es di jari tersebut. Jika terlalu buruk, terapi fisik atau operasi mungkin direkomendasikan.

4. Anemia
Berikut adalah tes kecil untuk mengetahui apakah anemia atau tidak. Letakkan tangan kiri Anda di pangkuan atau di atas meja dan gunakan telunjuk kanan untuk menekan salah satu kuku tangan yang diletakkan.

Setelah menekan di atasnya dan melepaskan tekanan, warna di sekitar ujung kuku yang ditekan itu harus kembali berwarna merah muda dengan cukup cepat. Jika tidak, dan selalu berwarna putih pucat, mungkin Anda memiliki zat besi yang rendah.

Anda dapat meningkatkan asupan zat besi dengan makan lebih banyak daging dan sayuran berwarna hijau gelap atau mengonsumsi suplemen makanan.

5. Sakit jantung atau paru
Lihatlah ujung jari. Apakah lebih besar dan lebar daripada buku terakhir jari Anda?

Jika demikian, mungkin ada sesuatu yang salah pada jantung atau paru-paru Anda. Menurut Melanie Haiken, editor senior di caring.com,”Jika sistem peredaran dari jantung atau paru terganggu, kadar oksigen dalam darah cenderung menurun. Seiring waktu, hal itu menyebabkan jaringan lunak pada ujung jari bertumbuh, sehingga ujung jari tampak menonjol keluar.”

6. Infeksi pada sistem peredaran darah

Salah satu cara untuk menentukan status kesehatan melalui kuku adalah dengan memeriksa apakah kuku berwarna kemerahan atau cokelat dengan garis di bawahnya terlihat seperti serpihan.

Hal itu bisa jadi merupakan perdarahan kecil akibat dari pembekuan darah sangat kecil yang disebabkan infeksi pada jantung atau darah. Jika ini terjadi, Anda mungkin juga akan mengalami dema