Teknoflas.com – Siapa yang tidak mengenal android? Banyak orang memilih menggunakan android karena bermacam aplikasi yang ditawarkan sangatlah menarik. Kebanyakan Anda mengunduh aplikasi android di Google Play Store. Banyaknya pengguna aplikasi android inilah yang memberikan keuntungan bagi orang-orang yang membuat aplikasi android. Sebenarnya Anda dapat membuat aplikasi android sendiri dengan mudah jika Anda telah mengetahui cara dan langkah-langkahnya.

cara membuat aplikasi android
Membuat aplikasi android online dengan Eclipse,Netbeans dan Flash. (Ilustrasi:Doc)

Membuat aplikasi android yang sederhana bagi para pemula dapat memanfaatkan program yang telah ada. Anda dapat dengan mudah mengembangkan aplikasi sesuai dengan keinginan. Anda dapat memilih template sesuai keinginan dan juga mendesain serta mempublikasikan aplikasi buatan Anda. Anda dapat memilih berbagai aplikasi untuk membuat aplikasi android online dengan menggunakan eclipse, netbeans, dan flash. Dengan memanfaatkan beberapa aplikasi tersebut Anda sudah dapat membuat aplikasi untuk android sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Berikut kami akan membahasnya satu persatu.

Membuat Aplikasi Android dengan Eclipse

Menjadi pembuat aplikasi android dapat dilakukan oleh semua orang. Cara membuat aplikasi android yang pertama yaitu dengan menggunakan eclipse. Cara membuat aplikasi dengan eclipse sangatlah sederhana. Langkah pertama yang Anda lakukan yaitu mendownload aplikasi ADT bundle berserta eclipse yang ada didalamnya. Bukalah aplikasi eclipse dan nanti akan muncul notifikasi selamat datang. Anda cukup mengklik build your first app dan klik next. Setelah itu, akan muncul windows project. Untuk membuat aplikasi baru, Anda dapat mengklik file new android application project yang ada pada jendela project.

Isikan nama aplikasi pada application project name. Application name merupakan nama aplikasi android Anda yang dapat Anda isi sesuka hati Anda. Package nama merupakan nama file Anda saat nanti dieksekusi. Anda juga dapat mengubah tema sesuai keinginan Anda hanya dengan mengklik tema. Setelah menentukan nama aplikasi android yang Anda buat, langkah berikutnya yaitu pada pilihan create launcher icon dan create activity Anda centang untuk dapat membuat icon aplikasi Anda. Kemudian Anda klik create project in workplace untuk menyimpan objek aplikasi yang telah dibuat.

Setelah itu,Anda akan menentukan menu pilihan icon. Menu tersebut berfungsi untuk besarnya icon saat di install pada tablet ataupun android. Anda dapat mengubahnya dengan clip art atau text pada pilihan yang ada. Atau Anda juga dapat menggunakan gambar dan menentukan besar ukuran gambar dengan additional padding. Selanjutnya Anda klik create activity. Dan Anda harus memulainya dengan blank activity. Itulah jendela aplikasi baru di eclipse dan Anda dapat membuat aplikasi belajar membaca atau apapun sesuai keinginan Anda. Mudah bukan membuat aplikasi android dengan eclipse.

Membuat Aplikasi Android dengan Netbeans

Membuat aplikasi yang kedua yaitu membuat aplikasi android dengan netbeans. Netbeans merupakan proyek open source code yang mempunyai pengguna yang banyak. Jenis netbeans ada dua yaitu netbeans IDE dan netbeans Platform. Untuk membuat aplikasi dengan netbeans Anda perlu memperhatikan langkah-langkahnya dengan teliti agar Anda dapat membuatnya dengan mudah dan gampang serta cepat.

Langkah pertama yaitu dengan mendownload netbeans yang sesuai dengan PC Anda dan android SDK. Setelah didownload, kemudian Anda install untuk dapat memulai membuat aplikasi dengan netbeans. Install aplikasi SDk dengan mengklik ganda SDK setup.exe. Cara selanjutnya yaitu dengan mengklik tools kemudian plugins dan dibagian tab setting klik add. Kemudian masukan nama plugin dan alamat URL kemudian klik OK. Anda lanjutkan ke tab available plugins dan cari plugins android kemudian klik dan install. Klik android IDE installer dan klik term and conditions dan install.

Setelah langkah itu selesai, saatnya kita menambahkan platform ke netbeans IDE. Langkahnya yaitu dengan mengklik tools pilih dan klik java platform dan klik kembali add platform. Pilih dan klik pada Google android open handheld platform dan klik next. Pada choose platform folder browse folder tempat SDk berada kemudian klik next. Setelah klik finish dan close maka java platform sudah terinstall dan langkah berikutnya yaitu membuat AVD.

Langkah membuat AVD yaitu dengan membuka file new project dan pilih android platform. Isi project dengan nama sesuai keinginan Anda dan pilih target platform android kemudian klik finish. Copy teks di mainactivity.java dan kemudian klik run. Dan aplikasi tersebut sudah dapat terpasang di android Anda. Mudah bukan untuk membuat aplikasi android dengan menggunakan aplikasi netbeans? Anda wajib mencobanya dengan menggunakan PC atau laptop Anda.

Membuat Aplikasi Android dengan Flash

Membuat aplikasi android yang terakhir yaitu dengan menggunakan flash. Anda dapat membuat software animasi dengan mudah menggunakan aplikasi flash. Untuk membuat aplikasi Anda dapat memanfaatkan adobe flash CS 6. Jadi bagi Anda yang telah terbiasa menggunakan aplikasi ini untuk animasi interaktif Anda dapat membuat aplikasi android dengan mudah. Berikut kami akan memberikan langkah-langkah membuat aplikasi android dengan memanfaatkan adobe flash CS 6.

Langkah pertama yaitu Anda membuka adobe flash CS 6 dan klik create new pilih air for android. Setelah muncul windows project, Anda perlu mengubah ukuran stage agar sesuai dengan ukuran layar handphone Anda. Setelah itu, buatlah objek sederhana untuk ditampilkan di layar handphone. Setelah membuatnya, Anda klik save untuk menyimpan file yang telah Anda buat. Kemudian Anda dapat mencoba membuat aplikasi android dengan bahan yang telah and buat.

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengubah setting android dengan mengklik icon kunci pas. Kemudian isilah nama file APK hasil publish, nama aplikasi android setelah di install di HP dan seting tampilan layar handphone. Isian lainnya Anda abaikan saja. Anda kemudian klik tab deployment untuk mengubah parameter selanjutnya. Tuliskan nama file sertifikat publishing android Anda, dan password yang Anda ciptakan saat membuat sertifikat. Isi certificate dan passwordnya jika Anda memiliki file certificate.

Setelah itu Anda mengisi publishing name, operation unit, organization name, country, password dan confirm password kemudian klik oke. Pastikan komputer Anda terkoneksi dengan internet untuk langkah selanjutnya. Anda dapat mengubah icon dengan mengklik tab icon. Pilihlah ukuran gambar icon yang Anda miliki dan copy ke tempat Anda membuat aplikasi. Tekan tombol Ok dan jika berhasil akan muncul popup dan klik ok kembali. Aplikasi yang Anda buat sudah dapat Anda pasang dan install di android Anda.

Itulah beberapa cara membuat aplikasi android dengan online. Anda dapat membuatnya dengan tidak pilihan aplikasi yang langkah-langkahnya dapat Anda ikuti dengan mudah. Anda dapat menggunakan aplikasi android yang telah ada untuk dapat membuatnya dengan gampang dan cepat. Anda juga dapat mengembangkan aplikasi android yang telah ada sesuai dengan keinginan dan kreativitas yang Anda miliki. Dengan hal tersebut membuat siapa saja dapat membuat aplikasi untuk smartphone maupun tablet android.

Aplikasi pembuat android dengan menggunakan eclipse, netbeans, dan flash dapat dilakukan dengan online atau Anda terhubung dengan internet. Walaupun Anda bukan orang gadget atau orang programmer Anda dapat membuat aplikasi android dengan mudah menggunakan bantuan aplikasi tersebut. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut sebagai bisnis pembuat aplikasi android yang cukup menjanjikan.