cara merawat rambut
Cara Merawat Rambut Kering, Rusak dan Rontok Secara Alami. (Foto:Doc/Vemale.com)

Teknoflas.com – Rambut adalah aset bagi setiap orang terutama wanita. Mahkota bagi wanita adalah rambut yang indah dan sehat. Banyak orang menginginkan rambut yang lembut dan halus sehingga menunjang penampilan semakin optimal. Cara merawat rambut agar mendapatkan rambut yang sehat, indah, lebat dan lembut tidak usah pergi ke salon setiap bulannya. Cukup memanfaatkan bahan dapur, buah-buahan, dan bahan alam lain. Memang perawatan yang terbaik adalah perawatan secara alami. Sebenarnya setiap produk kecantikan dan perawatan rambut menggunakan bahan alam yang diekstrak lalu dicampur dengan bahan kimia. Terkadang rambut yang sensitif tidak bisa menerima bahan kimia secara terus menerus seperti pada produk sampo, sehingga terkadang rambut menjadi kering, rusak dan bahkan rontok. Daripada menadapatkan kabar buruk itu mending langsung pilih perawatan rambut alami. Lalu bagaimana jika sudah terlanjur memiliki rambut kering, rontok, dan rusak?

Disini akan diberikan cara merawat rambut rusak seperti di atas. Yuk simak!

Berikut adalah cara merawat rambut kering dan rontok :

1. Biji Kemiri

Tidak menjadi hal yang rahasia lagi mengenai khasiat dari biji kemiri untuk kesehatan rambut. Walau seperti itu, terkadang kita tidak memanfaatkan biji kemiri dalam perawatan sehari-hari. Padahal hampir setiap produk perawatan rambut karena kandungan yang dimiliki biji kemiri bisa mengembalikan kelembaban rambut yang hilang karena kering.

Cara penggunannya cukup mudah. Pertama ambil beberapa biji kemiri secukupnya. Kemudian bersihkan dengan cara mencuci bersih dan tunggu hingga mengering. Selanjutnya biji kemiri tersebut dibakar agar mengeluarkan minyak alami. Aplikasikan minyak tersebut pada rambut dan kulit kepala sampil memijit perlahan. Diamkan selama 60 menit agar kandungan biji kemiri bisa meresap melalui pori dan rambut. Bilas dengan air normal (bukan air hangat). Biji kemiri berfungsi untuk menghitamkan rambut, menyuburkan dan memperkuat akar. Cara merawat rambut rontok yang paling tepat adalah menggunakan minyak biji kemiri.

2. Santan kelapa

Santan kelapa sering digunakan oleh nenek moyang kita untuk merawat rambut. Mungkin bisa dibilang santan kelapa adalah sampo pada jaman nenek moyang. Fungsinya adalah mencegah kerontokan dan melembutkan rambut. Terlihat dari fungsinya, santan kelapa berarti memiliki kandungan minyak yang bisa mengembalikan rambut kering dan mengatasi rambut rontok.

Caranya tinggal aplikasikan santan kelapa pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 30 menit, lalu bisas menggunakan air bersih bersuhu normal setelah bahan dirasa meresap. Cukup mudah memang bila kita tahu mana bahan alam yang baik untuk rambut dan cara mengolahnya.

3. Lidah Buaya

Bahan alami yang sudah terbukti memberikan khasiat bagi kecantikan tubuh khususnya rambut. Kandungan mineral yang ada pada lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan rambut. Caranya cukup mudah. Pertama siapkan daging lidah buaya yang segar dan memiliki kematangan cukup. Selanjunya oleskan bagian daging lidah buaya pada rambut secara menyeluruh setiap hari. Diamkan hingga meresap sempurna. Bisa menggunakan handuk hangat ketika perawatan ini.

Selain langsung mengoleskan pada rambut, lidah buaya bisa dicampur dengan madu lalu dihaluskan dan dicampur bersama. Aplikasikan ramuan pada rambut kering anda.

Tidak lupa ada tambahan perawatan yang harus diterapkan yaitu menjaga asupan makanan. Pilh makanan yang sehat dan bisa memberikan nutrisi pada rambut. Jauhi sinar matahari langsung serta hindari polusi udara dan rokok. Nah, Cara merawat rambut secara alami memang pilihan tepat. Tetapi jangan bahwa cara merawat rambut yang benar adalah dengan memberikan nutrisi pada rambut secara rutin. Jangan sampai rambut sudah kembali sehat dan normal, lalu menghentikan perawatan. Mencegah adalah cara tepat dalam perawatan kecantikan.