Hoston Rockets, yang dipimpin oleh 28 angka sumbangan James Harden, mengamankan tiket putaran kedua playoff NBA mereka pada Selasa (Rabu WIB) melalui kemenangan 103-94 atas Dallas Mavericks.

play off nba 2015
Rockets Taklukkan Mavs Untuk Melaju Di Playoff (Foto:doc/espn.com)

Harden, yang berpeluang menyabet penghargaan Pemain Terbaik NBA di musim reguler, melesakkan tembakan tiga angka kunci dan melakukan ‘steal’ saat Rockets menembus putaran pertama untuk pertama kalinya sejak 2009 dengan kemenangan 4-1 atas Dallas pada puatarn pertama seri ‘best-of-seven’ Wilayah Barat.

Rockets kini menanti juara bertahan NBA San Antonio atau Los Angeles Clippers.

Spurs mendorong Clippers ke ambang eliminasi melalui kemenangan 111-107 di Los Angeles.

San Antonio memimpin 3-2 di rangkaian seri dan akan berusaha untuk menuntaskan seri ketika mereka menjadi tuan rumah game keenam pada Kamis.

“Ini merupakan hal besar bagi kami,” kata veteran Spurs Tim Duncan, yang mencetak 21 angka dan mencatatkan 11 rebound. “Kami memiliki dua peluang untuk berusaha menyelesaikannya.” Kawhi Leonard menyumbang 18 angka dan melakukan sembilan rebound untuk San Antonio. Pemain asal Argentina Manu Ginobili menyarangkan 14 angka, sedangkan point guard Spurs asal Prancis Tony Parker dan Patty Mills asal Australia masing-masing mencetak 13 angka.

Blake Griffin mencetak 21 dari 30 angkanya pada babak pertama, dan juga mencatatkan 14 rebound untuk memimpin Clippers. Chris Paul mencetak 19 angka dan sepuluh assist, dan DeAndre Jordan mencatatkan 21 angka dan 14 rebound untuk Los Angeles.

Di Houston, rekan-rekan setimnya Harden memastikan mereka juga memberi kontribusi besar untuk Rockets.

Dwight Howard mencetak 18 angka dan melakukan 19 rebound. Josh Smith menambahi 20 angka sebagai pemain pengganti, dan Terrence Jones mencetak sepuluh dari 15 angkanya pada kuarter keempat.

Houston melaju meski mencatatkan 21 ‘turnover’ dan penampilan buruk saat mereka mendapat keuntungan dari pelanggaran — di mana mereka hanya sukses 19 kali dari 36 percobaan lemparan bebas.

“Pekerjaan kami jauh dari selesai,” kata forward Rockets Trevor Ariza. “Kami masih memiliki banyak hal untuk dikerjakan.” Monta Ellis dengan 25 angka memimpin Mavericks, yang tidak pernah memenangi seri playoff sejak mereka melaju pada kejuaraan 2011.

Pemain veteran asal Jerman Dirk Nowitzki menyelesaikan pertandingan dengan 22 angka dan 14 rebound, namun ia gagal memasukkan 15 tembakan serta enam dari percobaan lemparan tiga angkanya untuk Mavs.

Meski Houston tidak pernah melepaskan keunggulan setelah kuarter pertama, Mavericks tidak takluk tanpa perlawanan.

Mereka mengejar defisit 14 angka untuk membuat skor menjadi 88-85 dengan hanya lima menit tersisa di waktu normal.

Namun seperti yang sebelumnya terjadi di seri-seri ini, Rockets merespon.

Jones mengonversi permainan tiga angka, kemudian memasukkan lemparan tiga angka untuk membuat Houston unggul sembilan angka.

Nowitzki memangkas ketertinggalan timnya dengan layup, namun Harden memasukkan lemparan tiga angka sebelum mencuri bola dan memberi operan kepada Jones untuk melakukan ‘dunk’ yang mengunci kemenangan.

“Kami menjaga jarak serang, namun mereka tetap mampu bermain dengan baik,” kata center Dallas Tyson Chandler. “Anda harus memberi kredit kepada mereka.”