perawatan-rambut
Perawatan Rambut Kering dan Rusak Secara Alami. (Foto:Doc/Vemale.com)

Perawatan rambut memiliki dua kategori. Pertama perawatan rambut secara alami dan kedua perawatan rambut modern yang mencampurkan bahan kimia dan alami. Mengatasi masalah rambut yang sering muncul seperti rambut kering, rontok, kusam, berminyak, hingga rontok bisa memilih salah satu kategori perawatan tersebut. Tentu setiap orang memiliki prinsip dan tujuan berbeda. Perawatam rambut alami bisa dilakukan di rumah dengan bahan yang mudah didapatkan serta keunggulannya adalah tidak ada efek samping. Bahkan perawatan rambut secara alami adalah pilihan tepat bagi seluruh orang yang ingin memiliki rambut indah sehat jauh dari kerusakan. Namun, terkadang wanita ingin praktis dan mendapatkan hasil yang cepat sehingga melakukan perawatan di salon. Untuk meraihnya para wanita mau melakukan apapun demi rambut yang lebih indah seperti mencatok, rebonding, bleaching, smoothing, dan lain sebagainya. Setelah beberapa minggu perawatan tersebut ternyata membuat rambut rusak. Barulah menyesal dan mulai meraba-raba dengan perawatan rambut alami. Bagi anda yang sudah terlanjut mengalami masalah rambut kering dan rusak. Yuk simak beberapa cara perawatan rambut kering dan rusak secara alami.

Perawatan Rambut Rusak

1. Minyak jojoba atau jojoba oil

Masalah rambut kering disebabkan oleh kandungan minyak di rambut dan kulit kepala berkurang drastis. Padahal minyak alami dalam rambut adalah pelindung yang berguna menjaga kelembaban rambut. Hal ini bisa membuat rambut kering jika tidak segera diberikan nutrisi rambut yang bisa mengembalikan minyak alami rambut. Lama-kelamaan rambut akan terus mengering dan akhirnya rontok.

Rambut kering bisa diatasi dengan beberapa minyak alami seperti minyak jojoba atau jojoba oil. Caranya dengan mempersiapkan minyak jojoba yang kemudian dihangatkan. Cukup 2-3 sdt dalam satu kali perawatan rambut. Nah, kondisi hangat pada minyak berfungsi untuk membuka pori-pori sehingga menyerap ke dalam akar rambut. Oleskanlah pada kulit kepala sambil dipijat perlahan. Lalu diamkan selama 30 menit. Bilas menggunakan sampo yang lembut kandungannya sehingga tidak membuat rambut tambah rusak.

2. Deep Conditioning

Deep conditioning akan membuat rambut lebih lembut dan lembab. Bahan yang bisa dipilih adalah alpukat atau avocado yang memiliki kandungan nutrisi untuk rambut. Pada alpukat terdapat kandungan minyak alami dan lemak baik yang bisa menutrisi rambut yang kering.

Caranya cukup menghaluskan alpukat yang matang. Bisa ditambahkan kuning telur dan minyak zaitun secukupnya. Campurkanlah semua bahan lalu aplikasikan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit sambil menggunakan shower cup.

3. Mengatur asupan nutrisi untuk rambut

Perawatan dari luar memang bisa mengembalikan rambut rusak. Namun, tidak selamanya bisa berhasil jika asupan nutrisi dari dalam untuk rambut ternyata tidak terpenuhi. Konsumsilah makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Selanjutnya biasakan untuk meminum air mineral setiap harinya.

Terakhir, hindarilah minuman yang bersoda dan beralkohol. Serta berhenti merokok dan mengonsumsi kafein.

4. Perhatikan penggunaan sampo

Sampo sering digunakan untuk perawatan rambut sehari-hari. Namun, pemilihan sampo dan penggunannya terkadang salah.

Cara yang benar memilih sampo adalah sesuaikan dengan kebutuhan rambut. Mulai dari jenis rambut, kerusakan yang dialami, dan kandungan yang tidak terlalu keras. Selanjutnya jangan menggunakan sampo untuk keramas setiap hari karena bisa membuat minyak pada rambut berkurang. Lakukan keramas dengan sampo setiap 2 hari sekali saja.

Mau mendapatkan rambut lembut, indah, dan sehat? Yuk ikuti perawatan rambut secara alami di atas. Melakukan perawatan rambut secara rutin akan mendapatkan hasil yang signifikan. Coba dan buktikan.