Perawatan rambut rontok
Perawatan Rambut Rontok yang Parah di Salon dan Tradisional (Foto:Doc/Vemale.com)

Perawatan rambut rontok bisa dilakukan di salon dan tradisional. Sebenarnya rambut yang rontok memang biasa dialami oleh setiap orang. Seluruh orang akan rontok namun dalam jumlah yang masih normal. Jika kerontokan yang dialami ternyata melebihi jumlah normal setiap harinya sampai di atas 20% maka itu adalah masalah serius. Penyebab rambut rontok bisa dari berbagai faktor. Genetik, perawatan yang salah seperti catokan rambut, hair dryer, rebonding, hingga hair extension bisa menjadi salah satu penyebabnya. Mungkin kalian sekarang sedang mengalami masalah kerontokan rambut. Yuk simak perawatan rambut rontok parah yang bisa dilakukan di salon dan tradisional.

Perawatan rambut rontok di salon

Deep Treatment

1. Deep Treatment Oil

Rambut yang rontok parah akan diatasi dengan deep treatment dalam perawatan di salon. Caranya adalah mencampurkan minyak alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, urang aring, dan minyak almond.

2. Masker rambut

Masker rambut yang digunakan pada salon biasanya adalah racikan dari beberapa bahan yang dapat saling melengkapi nutrisinya untuk rambut rontok. Masker akan diterapkan setiap minggunya pada rambut yang rontok.

3. Hair serum

Serum pada rambut diberikan setelah semua perawatan sudah selesai. Jenisnya biasanya adalah serum spray yang akan membantu memberikan vitamin pada rambut dan kelembaban rambut terjaga.

4. Vitamin rambut

Berbeda dengan hair serum, vitamin rambut lebih kaya akan bahan alam. Memberikan vitamin pada rambut akan membuat nutrisi tercukupi. Di salon tentu hal ini akan selalu diberikan pada rambut yang rusak.

Perawatan rambut rontok tradisional

1. Message minyak alami

Masalah rambut rontok, bercabang dan kering bisa diatasi dengah memanfaatkan kandugan minyak alami. Minyak almond dan minyak zaitun bisa menjadi pilihan terbaik bagi rambut rontok yang parah.

Cara perawatan rambut dengan message minyak alami cukup mudah. Penerapannya adalah sebelum melakukan keramas dengan sampo. Aplikasikan para rambut dan kulit kepala setiap minggu sebelum berkeramas. Alhasil akan mendapatkan rambut yang lebat kembali.

2. Masker telur

Sebutir telur mengandung protein yang tinggi. Pertumbuhan rambut akan lebih dominan ketika adanya asupan nutrisi yang tercukupi. Caranya adalah dengan mengaplikasikan kuning telur yang dicampurkan dengan madu dan minyak zaitun. Porsinya adalah 1 butir telur ditambah 1 sdm madu serta 3 sdm minyak zaitun. Aduklah merata kemudian aplikasikan pada rambut dan kulit kepala. Gunakan shower cup pada rambut agar lebih meresap sempurna. Diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan berkeramas.

3. Masker pepaya

Buah pepaya bisa digunakan untuk menutrisi rambut yang kering dan rontok. Sama dengan kandungan telur, pepaya juga memiliki protein yang tinggi untuk melembabkan ran menumbuhkan rambut secara alami. Caranya dengan mencampurkan 200 gram pepaya dan 2 sdm yoghurt. Setelah bahan tercampur, kemudian haluskan dan aplikasikan para rambut secara menyeluruh. Gunakan shower cup agar mencunci kandungannya. Diamkanlah 30 menit agar kandungan menyerap sempurna.

4. Kondisioner madu

Penerapan kondisioner pada rambut yang bermasalah harus diperhatikan. Jangan menggunakan bahan yang terlalu keras kandungannya, seperti banyak mengandung bahan kimia. Pilihlah madu untuk kondisioner rambut sehari-hari. Walaupun rambut akan menjadi lengket, namun setelah melakukan setiap hari makan akan ada hasil yang memuaskan yaitu rambut kembail lembut, sehat, dan tidak rontok.

Memiliki rambu yang indah dan sehat adalah keinginan semua orang terutama wanita. Tentu terkadang rintangan dalam mendapatkannya tidaklah mudah. Salah satunya adalah rambut rontok. Jika sudah mengalaminya maka lakukan perawatan rambut rontok di atas.