James Rodriguez

Real Madrid melakukan pemanasan untuk pekan besar dengan kembali terpaut dua angka dengan Barcelona di puncak klasemen Liga Spanyol, melalui kemenangan 3-0 atas Almeria pada Rabu (Kamis WIB).

Sepakan voli mengejutkan James Rodriguez semenit sebelum turun minum menutup 45 menit pertama yang menjemukan.

Gol bunuh diri Mauro Dos Santos menggandakan keunggulan Real pada awal babak kedua sebelum Alvaro Arbeloa mengemas gol ketiga.

Real akan melawat ke markas Sevilla yang mengejar tiket Liga Champions pada Sabtu, sebelum bertamu ke markas Juventus pada semifinal pertama Liga Champions yang dimainkan pada Selasa.

“Kami berada di fase yang sangat penting dalam satu musim dan setiap pertandingan merupakan yang paling penting,” kata pelatih Real Carlo Ancelotti.

“Saya akan memainkan tim terkuat saat melawan Sevilla meski faktanya kemudian kami akan bermain melawan Juventus.” “Kami tidak yakin Barca akan kehilangan dua angka, namun kami akan mengincar kemenangan untuk empat pertandingan tersisa.” Tekanan berada di kubu pasukan Ancelotti setelah Barca menghancurkan Getafe dengan skor 6-0 pada Selasa, namun mereka melakukan start yang lambat melawan tim Andalusia yang terancam degradasi.

Tandukan Rodriguez melebar dari umpan silang Arbeloa pada fase awal pertandingan sebelum Ruben Martinez menggagalkan upaya Cristiano Ronaldo.

Pemain Terbaik Dunia itu juga mengirim tendangan bebas yang hanya mengenai bagian atas gawang, namun para penggemar tuan rumah menjadi frustrasi sebelum Rodriguez menghidupkan pertandingan sebelum turun minum.

Dengan cara yang serupa dengan gol voli pemain Kolombia itu ke gawang Uruguay pada Piala Dunia tahun lalu, ia melepaskan sepakan tanpa dapat dihentikan Martinez dari luar kotak penalti.

Skor berubah menjadi 2-0 pada babak kedua ketika Jese memberi operan kepada Toni Kroos di sisi kanan, dan umpan silang mendatarnya dibelokkan masuk ke gawang sendiri oleh Dos Santos ketika Ronaldo menunggu untuk menyambar bola.

Rodriguez kemudian digantikan Isco sebagai persiapan untuk sepekan mendatang.

Bagaimanapun, tuan rumah tetap mendominasi setengah jam terakhir dan semestinya dapat memperbesar keunggulan mereka ketika tandukan Raphael Varane melebar sebelum Javier Hernandez gagal meneruskan rentetan golnya ketika ia menyambar umpan silang mendatar Ronaldo melebar ke tiang dekat.

Hernandez memiliki andil pada gol ketiga melalui umpan silangnya yang diteruskan Arbeloa.

Atletico Madrid tetap berada di jalur untuk finis di peringkat ketiga, setelah Fernando Torres masuk sebagai pemain pengganti untuk mengamankan tiga angka melalui kemenangan 1-0 di markas Villarreal.

Pada pertandingan yang hanya menghasilkan sedikit peluang ini, Torres mengambil keuntungan dari kesalahan Eric Bailly untuk berlari menuju gawang dan mencetak gol, yang merupakan gol keduanya di liga sejak kembali ke klub masa kecilnya itu pada Januari.

Sevilla tetap tertinggal enam angka dari Atletico, namun naik ke peringkat keempat berkat kemenangan 3-1 di markas Eibar.

Carlos Bacca mencetak dua gol pada 15 menit pertama untuk membawa tim tamu unggul, dan Jose Antonio Reyes menutup kemenangan timnya setelah Federico Piovaccari mencetak satu gol balasan bagi tim Basque itu.

Celta Vigo meneruskan perjuangan mereka untuk mengamankan tiket Liga Europa ketika gol larut Nolito membawa mereka menang 1-0 atas Malaga.

Di bagian bawah klasemen, Elche mengambil langkah besar dalam peluang mereka bertahan di strata tertinggi, ketika mereka unggul enam angka atas zona degradasi berkat kemenangan 4-0 atas Deportivo La Coruna.