TeknoFlas.com – AppGratis Dihapus dari Apple App Store – Anda para pengguna aplikasi “AppGratis” pantas gigit jari dan mengucapkan selamat tinggal, pasalnya AppGratis yang selama ini sering kali memberi promosi aplikasi gratis dan penawaran khusus di sistem operasi iOS telah dihapus oleh Apple dari toko aplikasi App Store mereka. Mengapa AppGratis dihapus?

AppGratis Dihapus dari Apple App Store

Belum diketahui informasi resmi mengenai alasan mengapa Apple mendepak AppGratis dari App Store. Yang jelas kedua belah pihak belum memberikan konfirmasi keterangan resmi.

Berkembus rumor kemungkinan besar AppGratis melanggar beberapa aturan Apple. Pihak Apple memiliki peraturan pada Klausul 2.25, yang tidak mengizinkan keberadaan sebuah aplikasi yang menawarkan pembelian atau promosi aplikasi lain. Sebab, fungsi aplikasi tersebut mirip dengan toko aplikasi App Store yang disediakan Apple, sebagaimana TeknoFlas kutip dari AllThingsD, Senin (9/4/2013).

Bunyi Klausul 2.25 tersebut adalah, “Aplikasi yang menampilkan aplikasi lain selain milik Anda sendiri untuk pembelian atau promosi dengan cara yang mirip dengan App Store akan ditolak.”

Selain itu, AppGratis juga dianggap melanggar Klausul 5.6 yang baru ditetapkan. “Aplikasi tidak dapat menggunakan push notification untuk mengirim iklan, promosi, pemasaran langsung, atau dalam bentuk apa pun.”

AppGratis dibuat oleh perusahaan asal Paris, Perancis, yang dipimpin Simon Dawlat. Perusahaan ini berhasil meraih keuntungan 13,5 juta dollar AS pada Januari 2013. Dengan pengguna mencapai 7 juta, sebuah aplikasi yang dipromosikan di AppGratis bisa diunduh hingga 500.000 kali.

Selain menguntungkan bagi AppGratis, layanan ini juga menguntungkan pengembang lain yang aplikasinya dipromosikan lewat AppGratis.

Kejadian semacam ini juga pernah dialami AppShoper, bahkan hingga saat ini belum kembali ke App Store.

Namun Anda tidak harus bersedih hati karena bagi Anda yang sudah terlanjur memasang AppGratis di perangkat iOS, Anda masih bisa memakai dan menerima promosi aplikasi gratis dan penawaran khusus.