Baru-baru ini situs youtube dihebohkan dengan kemunculan video yang mendengarkan ‘suara terompet dari langit’. Apakah itu pertanda kiamat? Entahlah. Pastinya ada sebuah video yang direkam di Jerman tanggal 4 April 2015 bikin kulu kuduk merinding, bahkan seorang bocah dalam video itu sampai tertegun.

Sejumlah pihak meyakini bahwa suara terompet dari langit di siang hari itu merupakan tiupan sangkakala. Asal muasalnya tidak begitu diketahui, ternyata pernah muncul di sejumlah negara seperti Belarusia, Jerman, Amerika Serikat, Ukraina dan Kanada dalam satu dekade terakhir.

suara terompet dari langit
Ilustrasi suara terompet dari langit (doc/reuters)

Video pertama suara terompet di-upload ke youtube pada tahun 2008, tepatnya di Homel, Belarus. Masih di tahun yang sama, seorang user turut meng-upload video yang direkam sekitar sebuah pemukiman di Amerika Serikat.

Kemudian seorang warga Kanada bernama Kimberly Wookey turut meng-upload video yang direkam pada Juni 2013. Lalu ia kembali meng-upload video bertema sama pada 7 Mei 2015.

Kimberly pun menceritakan awal mulanya mulai merekam suara terompet dari langit. “Pada jam 7.30 pagi (29/8/2013), saya terbangun usai mendengar suara mengerikan,” ucapnya kepada wartawan Daily Mail, Selasa (26/5).

“Saya kaget dan menyadari bila suara itu mirip dengan yang pernah saya denger sebelumnya. Saya langsung menyalakan kamera dan merekamnya.”

Saat Kimberly berlari menuju ruang tamu, dia melihat anaknya sudah terbangun dan ketakutan dengan fenomena aneh tersebut. Jendela sekitar rumah pun bergetar hebat.

Apakah benar itu suara terompet dari langit alias tiupan sangkakala? Sejumlah spekulasi pun menyebar luas, ada pihak yang mengatakan bila suara itu sebagai pertanda kiamat, tekanan atmosfer, pergeseran lempeng tektonik hingga konspirasi senjata rahasia buatan Amerika Serikat yang katanya bisa mengubah cuaca.

Pengalaman serupa juga terjadi di Kiev, Ukraina pada pertengahan tahun 2011. Seorang saksi mengatakan bahwa suara itu terdengar hingga jarak 30-40 km dari titik lokasi perekaman. Tak butuh waktu lama, video suara terompet dari langit jadi perbincangan hangat di kalangan netizen, bahkan ilmuwan belum memberi jawaban tentang fenomena ini.

Seorang warga Amerika Serikat, Aaron Traylor, juga sempat merekamnya pada 18 Februari 2012. Dia mengaku tak pernah mendengar suara ini sebelumnya, bahkan semua orang tertegun dan langsung menghentikan aktifitas saking ketakutan.