fobia paling aneh di dunia
5 fobia paling aneh di dunia

5 Fobia Paling Aneh & Unik Di Dunia

fobia paling aneh di dunia
5 fobia paling aneh di dunia

Fobia merupakan sikap rasa takut yang berlebihan terhadap objek tertentu atau sesuatu yang tak kasat mata. Menurut hasil studi pakar kesehatan, ada orang yang takut suntikan, dokter gigi, ular hingga ketinggian yang dikenal dengan istilah acrophobia.

Ternyata masih banyak jenis fobia paling aneh di dunia yang akan membuat orang-orang heran dan tak percaya. Berikut ini lima rasa takut berlebihan seperti dilansir majalah Men’s Health, Selasa (26/5).

Paruresis
Pernah dengar nama fobia ini? Bila anda memiliki rasa takut berlebihan untuk buang air kecil di sebuah toilet umum, bisa jadi menderita Paruresis. “Ada sejumlah pria yang enggan buang air kecil di hadapan orang lain. Misalkan, tidak bisa buang air kecil di toilet umum jika ada orang lain di lokasi yang sama,” ucap Mark Borigini, MD, seorang instruktur klinis di UCLA, Amerika Serikat.

Cibophobia
Sejumlah orang ada yang menderita fobia makanan hijau, bahkan tak berani melihatnya. “Rasa takut ini biasanya sering terjadi pada anak-anak dan berlanjut hingga dewasa,” ucap L. Kevin Chapman, Ph.D, seorang psikolog klinis spesialis di bidang gangguan kecemasan. Menurutnya, Cibophobia memiliki keterikatan kuat dengan Lachanophobia (fobia takut makan sayur). Inilah fobia paling aneh di dunia namun berbahaya karena mempengaruhi selera dan nafsu makan.

Emetophobia
Fobia paling aneh di dunia ini berkaitan dengan muntahan. Sebagian besar orang merasa jijik saat melihat muntahan, namun sekitar 9 persen masyarakat dunia ternyata fobia terhadap muntahan. Orang yang menderita Emetophobia akan berusaha agar dirinya tidak muntah, bahkan menghindari orang lain yang mudah muntah terutama anak kecil saat perjalanan jauh di bus, mobil, pesawat ataupun kapal.

Globophobia
Ternyata tidak semua orang menyukai balon, sebagian kecil bahkan takut dan trauma terhadap benda berisi angin itu. “Seseorang menderita Globophobia karena memperoleh pengalaman negatif dengan balon, misalkan terkejut dengan suara balon pecah,” ucap Marla W. Deibler selaku direktur The Center for Emotional Health of Greater Philadelphia.

Baca Juga  5 Pesepakbola Dunia Dengan Fobia Unik & Aneh

Coulrophobia
Fobia paling aneh di dunia karena melibatkan badut. Sama seperi balon, tidak semua orang suka badut. Bahkan ada yang sampai menangis dan pingsan saat bertemu sosok bertampang lucu tersebut. Penderita Coulrophobia justru beranggapan bahwa badut adalah sosok menyeramkan. Selain menimbulkan ketakutan, fobia ini juga menimbulkan rasa jijik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *