pantai terindah di jawa timur
Pulau Merah, pantai terindah di jawa timur (doc/indonesia.travel)

6 Pantai Terindah Dan Tercantik Di Jawa Timur

pantai terindah di jawa timur
Pulau Merah, pantai terindah di jawa timur (doc/indonesia.travel)

Indonesia merupakan negara ke-4 dunia yang memiliki garis pantai terpanjang, yakni sekitar 95.181 km merujuk pada data PBB tahun 2008 silam. Maka tak heran bila tanah nusantara menyimpan berbagai macam pantai dengan karakteristik unik. Provinsi Jawa Timur bahkan memiliki sejumlah pantai eksotis yang mengundang decak kagum. Berikut daftar pantai terindah di jawa timur yang layak dikunjungi.

Pantai Watu Dodol

Terletak di dusun Brangsing atau tepatnya di jalan lintas antara Situbondo – Banyuwangi. Nama pantai diambil dari sebuah batu besar yang berdiri kokoh di sana. Meski tidak dipenuhi hamparan pasir putih, para pengunjung tetap mendatanginya untuk sekedar melepas penat dan lelah.

Pantai Papuma

Namanya terdengar unik, ternyata Papuma merupakan kepanjangan dari ‘Pasir Putih Malika’ dan letaknya di km 45 ke arah kota Jember. Inilah salah satu pantai terindah di Jawa Timur yang kunjungan favorit para wisatawan untuk menikmati harapan pasir putih dan suara bebatuan karang yang terhempas oleh derasnya ombak.

Pantai Bilik

Letaknya tepat di perairan selat Madura yang terhubung dengan secuil daratan pulau Jawa sehingga terlihat mirip sebuah danau. Ada dua jalur akses yang bisa dipilih pengunjung, yakni jalan darat dengan menaiki sepeda motor atau menyewa perahu nelayan yang bersandar di pantai. Suasana yang tidak begitu ramai membuat liburan menjadi lebih tenang dan damai.

Pantai Pulau Merah

Letaknya di kabupaten Banyuwangi dan menawarkan ombak menantang bagi para peselancar. Inilah salah satu pantai terindah di Jawa Timur yang ramai kunjungan wisatawan untuk menikmati liburan bareng keluarga dan teman. Pengunjung bisa melihat batu karang di bibir pantai yang menjulang tinggi layaknya gunung. Saat air laut tengah surut, pengunjung boleh menelusuri pulau karang tersebut.

Baca Juga  Daftar UMK Jawa Timur 2015 Selengkapnya

Pantai Bama

Lokasinya di Taman Nasional Gunung Baluran, tepat di jalan lintas antara Banyuwangi – Situbondo. Selain menawarkan keindahan pantai, pengunjung bisa melihat satwa langka disekitar lokasi seperti burung endemik Jawa Timur dan kera abu-abu ekor panjang. Pantai ini juga dikelilingi tumbuhan mangrove.

Pantai Plengkung

Satu lagi tempat favorit para peselancar yang letaknya di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi. Untuk menikmati salah satu pantai terindah di Jawa Timur ini, pengunjung harus menyewa mobil khusus yang sudah disediakan oleh pihak pengelola Taman Nasional. Meski harus mengeluarkan uang tambahan, dijamin gak bakal rugi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *