Tidak bisa dipungkiri bila penduduk negara tropis seringkali memimpikan tinggal atau mengunjungi tempat dingin, terutama negara-negara yang mengalami pergantian 4 musim. Lalu, bagaimana dengan berlibur ke tempat paling dingin di dunia? Jika ingin merasakan suhu udara ekstrim hingga dingin menusuk tulang, ada sejumlah tempat di muka bumi ini yang suhunya kurang dari 0 derajat celcius!

tempat paling dingin di dunia
Ulanbator, tempat paling dingin di dunia (doc/nationalgeographic.de)

Berikut ini lima tempat dengan suhu di bawah 0 derajat celcius yang membuat anda berpikir dua kali untuk mengunjungi salah satu diantaranya.

Stasiun Vostok (Antartika)

Salah satu tempat paling dingin di dunia tentu saja ada di Antartika, tepatnya Stasiun Vostok yang terletak 3.500 meter di atas permukaan laut. Pada 21 Juli 1983, Suhu udara di pusat riset milik Rusia ini pernah mencapai -89,2 celcius. Di sini juga terdapat salah satu danau terbesar di dunia, yakni danau Vostol yang terkubur di bawah es geyser.

Eureka (Kanada)

Di sana ada sebuah markas riset yang berdiri di Ellesmere Island. Inilah tempat paling dingin di dunia yang tidak ada penghuninya sama sekali, kecuali para peneliti yang ada di markas riset tersebut. Menurut catatan, Eureka memiliki suhu rata-rata sekitar -20 celcius, namun saat musim dingin tiba menjadi -40 celcius. Uniknya, suhu pernah mencapai 20,9 celcius pada Juli 2009.

Oymyakon (Rusia)

Lokasinya terletak di Republik Yakutia, tepatnya 350 km dari Arctic Circle. Menurut catatan sejarah, desa Oymyakon sempat diselimuti suhu mencekam hingga -68 celcius pada tahun 1933. Meskipun termasuk tempat paling dingin di dunia dengan suhu fantastis, sejumlah penduduk desa enggan pindah dari tanah tempat mereka lahir.

Denali (Amerika Serikat)

Tempat ini biasa disebut Gunung McKinley dan dinobatkan sebagai puncak gunung tertinggi yang ada di Amerika Utara, bahkan menyabet gelar gunung paling dingin di dunia. Berani mengunjunginya pada musim dingin, bersiap-siaplah menghadapi suhu udara yang menyentuh angka -40 celcius.

Ulanbator (Mongolia)

Lokasinya terletak 1.300 meter di atas permukaan laut dan suhu udara tidak pernah melebihi angka -16 celcius, Saat ini Ulanbator dinobatkan sebagai ibukota negara terdingin di dunia. Meskipun demikian, ada sejumlah titik dimana pengunjung bisa menikmati kehangatan sembari bersantai ria, salah satunya adalah pusat museum kota.