151831_106890346

Teknoflas.com- Facebook secara bertahap mulai merilis fungsi OpenPGP bagi pengguna yang menggunakan fungsionalitas email di jejaring sosial tersebut. Fitur ini memungkinkan pengguna menambahkan OpenPGP public key ke profile mereka untuk enkripsi end-to-end pada email notifikasi yang dikirimkan oleh Facebook ke akun email si pengguna.

Pengguna juga bisa membagi OpenPGP key dari profil mereka, dengan atau tanpa mengaktifkan notifikasi enkripsi.

Dengan cara ini, Facebook seperti dilansir Sci Tech Today, Selasa (2/6/2015), berupaya terus menambah fungsi keamanan dan privasi bagi penggunanya. Oktober tahun lalu, Facebook membuat URL baru bagi pengguna yang ingin mengakses situs langsung menggunakan browser Tor Onion browser.

Koneksi ke halaman Facebook sendiri sudah diamankan menggunakan HTTPS dengan default HSTS sejak 2013. Lebih dari 95% notifikasi email dienkripsi dengan validasi yang diklaim sangat ketat.

Facebook juga masih terus berupaya mendapat kepercayaan dari para aktivis hak privasi, termasuk salah satunya menggunakan cookies untuk melacak kebiasaan browsing pengguna bahkan ketika mereka tidak terhubung ke layanan.

“Ini sangat penting bagi kami, memastikan orang yang menggunakan Facebook merasa aman dan percaya koneksi mereka ke Facebook aman,” komentar Facebook.

OpenPGP yang disinggung sejak di awal tulisan adalah salah satu standar populer yang tersedia untuk melindungi email dengan public key encryption. Standar ini berdasarkan core teknologi PGP (pretty good privacy) yang membantu melindungi konten pesan, teks dan file email agar tidak terbaca program pengawasan.