Bruce Jenner tampak sudah yakin menjalani hidupnya sebagai seorang wanita bernama Caitlyn. Meski telah menjalani sejumlah operasi agar terlihat seperti kaum hawa sesungguhnya, ternyata ayah tiri Kim Kardashian itu belum menjajal operasi kelamin.

Baru-baru ini, mantan atlit olimpiade itu tampil sebagai model yang akan menghiasi halaman depan majalah Vanity Fair edisi Juli 2015. Dia pun resmi memperkenalkan dirinya ke publik sebagai Caitlyn Jenner.

bruce jenner
Caitlyn, nama baru Bruce Jenner (doc/telegraph.co.uk)

Mengapa ia memilih Caitlyn sebagai namanya yang baru? Apakah ada makna tersembunyi?

Menurut laporan dari majalah People, Selasa (2/6), sosok Caitlyn ternyata sudah lama hidup di dalam diri Bruce. Seorang sumber terpercaya mengatakan bahwa nama itu sudah melekat sejak kecil. “Nama itu selalu hidup di dalam pikirannya saat ia merasa sebagian dari dirinya adalah wanita. Itu sudah melekat sejak ia masih kecil, saya yakin itu.”

Apa arti nama ‘Caitlyn’? Dalam bahasa Irlandia, ‘Caitlin’ artinya sesuatu yang murni. Bisa disimpulkan bahwa nama itu mewakili jadi diri Bruce yang sebenarnya. Selama ini ia kerap mengabaikan kata hati yang terpenjara di dalam tubuh seorang pria berbadan atletis. (Baca: 4 Fakta Mengejutkan Bruce ‘Caitlyn’ Jenner Akhirnya Terungkap)

Rencananya, keseharian Bruce sebagai seorang wanita bernama Caitlyn Jenner akan ditayangkan secara eksklusif lewat sebuah reality show di saluran televisi hiburan E! pada bulan Juli mendatang.

Acara reality show berkonsep dokumenter itu akan membuat publik penasaran, terutama awal mula kisah saat menganggap dirinya bukan lagi seorang pria di usia yang tergolong senja, yakni 65 tahun.

Menurut laporan dari laman Daily Mail, Bruce Jenner mulai termotivasi mengubah dirinya sebagai seorang ‘wanita’ usai menonton serial Transparent, sebuah judul drama TV yang menceritakan kehidupan kaum transgender.

Ternyata karakter Maura Pfefferman yang diperankan oleh Jeffrey Tambor memberi inspirasi bagi Bruce untuk berani mengatakan jati diri yang sebenarnya kepada publik. Dalam reality show tersebut, mungkin saja Bruce akan sedikit menceritakan awal mula dirinya merasa sebagai perempuan.

Menurut beberapa sumber terpercaya, Bruce Jenner mulai gemar berdandan sebagai wanita sejak tahun 1980-an. Dia bahkan sudah mengikuti terapi elektrolisis dan mengkonsumsi hormon untuk membentuk tubuh layaknya kaum hawa.