Meski baru saja terpilih sebagai Presiden FIFA, ternyata Sepp Blatter langsung mengumumkan pengunduran diri pada pada Rabu (3/6). Keputusan melepas jabatan yang sudah dikuasai sejak 1998 itu tak mengejutkan sejumlah pihak, apalagi soal adanya isu kasus korupsi. (Baca: 4 Cara Agar Indonesia Terlepas Dari Sanksi FIFA)

Sepp Blatter
Sepp Blatter (doc/telegraph.co.uk)

FIFA pun berencana menggelar kongres untuk mencari Presiden baru. Lalu, siapakah yang pantas menggantikan Blatter? Ada sejumlah nama yang naik ke permukaan, namun hanya ada lima kandidat terkuat untuk memimpin Federasi Sepakbola Internasional itu.

1. Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabar

Pria asal Kuwait ini punya peranan penting di IOC (Dewan Olimpiade Dunia). Dia berhasil membawa Thomas Bach menduduki jabatan Presiden IOC. Meski tidak mengurusi sepakbola, ‘kekuatannya’ di bidang olahraga terbilang hebat apalagi dia dekat dengan Sepp Blatter. Saat ini Al Sabar menjabat sebagai Presiden OCA (Dewan Olimpiade Asia). Bila sejumlah pihak menginginkan FIFA seperti di era Presiden terdahulu, maka dia dianggap sosok paling tepat.

2. Luis Figo

Luis Figo sempat mencalonkan diri sebagai Presiden FIFA dalam pemilihan lalu, tetapi justru mengundurkan diri. Kabarnya eks bintang Portugal itu siap mengajukan diri usai mendengar kabar pengunduran Blatter. Eks pemain Inter itu memiliki ide untuk menambahkan peserta negara Piala Dunia menjadi 40 atau 48 tim. Figo ingin memajukan sepakbola dunia karena mencintai olahraga ini.

3. Prince Ali bin Al Hussein

Sama seperti Figo, pria asal Yordania ini sempat menjadi ‘penantang serius’ Sepp Blatter di pemilihan Presiden FIFA. Dia terkenal akan keberaniannya untuk mengungkap kebenaran, termasuk suap dalam penentuan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022. Ali sudah mengutarakan niatnya untuk maju sebagai Presiden selanjutnya.

4. Michel Platini

Eks pemain Juventus ini selalu punya sikap berlawanan dengan Sepp Blatter, ia pun tak segan memberi kritikan dan ancaman pedas. Peluang Platini maju sebagai Presiden FIFA terbuka lebar, sudah pasti bakal mendapat dukungan penuh dari anggota federasi UEFA. Mungkin salah satu penyebab Blatter mengundurkan diri karena ancaman Platini yang akan mengumpulkan anggota UEFA untuk memboikot Piala Dunia 2018.

5 Jerome Valcke

Pria yang saat ini menjabat sebagai sekjen FIFA bisa menjadi penerus Sepp Blatter, apalagi dia berstatus sebagai ‘tangan kanan’ alias orang kepercayaan eks Presiden FIFA itu. Namun pencalonan akan dihadang oleh sejumlah masalah, apalagi tudingan ikut terlibat dalam skandal korupsi.