Para penggemar setia motor sport keluaran Yamaha, tak lama lagi akan dimanjakan dengan kehadiran produk teranyar raksasa otomotif Jepang itu. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sudah memastikan MT-25 bakal ikut menghiasi pasar Tanah Air, bahkan sejumlah pihak sudah siap memborong motor berkapasitas 250 cc itu.

YZF-R25 versi naked merupakan nama lain dari sepeda motor sport buatan Yamaha ini. Sebelumnya PT YIMM sudah meresmikan sejumlah produk anyar di Indonesia, seperti varian terbaru Vixion, Vilano dan beragam motor sport yang akan menyaingi produk unggulan buatan Kawasaki.

Yamaha MT-25
Spesifikasi Yamaha MT-25 (doc/rudyhantoro.com)

Lalu, bagaimana spesifikasi yang diusung oleh Yamaha MT-25? Berdasarkan perhitungan terhadap seluruh bodi, maka bobot motor adalah 165kg dengan tinggi 1135 mm, lebar 720 mm dan panjang 2090 mm.

Sementara sektor mesin mengusung tipe 4-tak dan suntikan sistem Fuel Injection. Mesin MT-25 punya delapan katup yang mengusung model Double Overhead Camshaft (DOHC) dengan pendingin cair. Motor ini diklaim dapat mencapai kecepatan hingga 26,5 kW/12.000 rpm dan torsi 22,6 Nm/10.000 rpm.

Motor sport anyar Yamaha ini dibekali kapasitas oli mesin hingga 2,40 L. Ban depan memakai 110/70 – 17 M/C, sedangkan ban belakang memakai 110/70 – 17 M/C. Tertarik? Harganya dipastikan jauh lebih terjangkau daripada YZF-R25 yang dibanderol sekitar Rp 59 juta untuk versi ABS.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kemungkinan besar akan membanderolnya dengan harga Rp 45 juta. Benarkah demikian? (Baca: Inilah Harga Resmi Yamaha MT-25 Yang Meluncur Pada 6 Juni)

Sebelumnya, PT YIMM sempat mengunggah video promo berdurasi 1:52 di situs YouTube agar penggemar motor sport tanah air diliputi rasa penasaran. Dalam video kurang dari dua menit itu, penonton bisa melihat sebuah bayangan motor yang diklaim bagian dari penampakan Yamaha MT-25.

Selain memamerkan sosok penampakan motor MT-25, penonton dibuat semakin penasaran dengan rangkaian kalimat ajakan untuk menghadiri pesta Yamaha Indonesia pada 6 Juni mendatang di Epicentrum Kuningan, Jakarta Selatan.

Selain menampilkan beragam sajian hiburan atraktif seperti rap festival ataupun DJ performance, tetapi inti cerita dari event tersebut bakal membuat penggemar motor sport sumringah. Banyak pihak yang meyakini bahwa event itu merupakan peluncuran resmi Yamaha MT-25.