Ketika seseorang ingin meraih puncak kesuksesan dan memimpin sebuah perusahaan yang membawahi ribuan karyawan, maka dia harus semakin pintar dalam membagi waktu. Tentu saja itu bukan tugas yang mudah, apalagi harus bekerja di akhir pekan meski sekedar membalas email rekan bisnis ataupun membaca laporan. (Baca: 8 Cara Orang Sukses Dalam Mengatur Waktu)

cara mengatur waktu
Cara unik mengatur waktu (doc/personalitytutor.com)

Menurut tulisan di laman Inc.com, ternyata ada banyak hal-hal unik dan aneh yang dilakukan oleh orang sukses agar memperoleh lebih banyak waktu luang. Mungkin beragam tindakan berikut ini bisa memberi inspirasi untuk bisa mengatur waktu sebaik mungkin tanpa mengabaikan kegiatan bisnis.

1. Bekerja di dalam mobil

Cara menghemat waktu ala Bob Greifeld – CEO Nasdaq – sepertinya patut ditiru. Dia mulai bekerja saat masuk ke dalam mobil pribadinya yang akan melaju ke kantor. Trik itu dilakukan agar dirinya punya waktu untuk berolahraga sebentar usai tiba di ruang kantornya.

Dalam mobil pribadinya, Greifeld sering menikmati sarapan, memakai pakaian kerja, menghubungi rekan bisnis dan mengisi baterai smartphone. Menurutnya, waktu perjalanan ke kantor harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mempersiapkan semua keperluan kerja.

2. Ke toilet sebelum rapat

John Chambers – CEO Cisco – mengaku super sibuk seharian karena harus menghadiri sejumlah rapat. Saking banyaknya agenda rapat yang harus dihadiri, ia sampai tak punya waktu luang untuk beristirahat dan menjernihkan pikiran. Oleh karena itu, dia pun memilih menyendiri di toilet selama 5-10 menit.

Langkah itu diakui sangat membantu dirinya untuk fokus menghadapi rapat dengan beragam topik berbeda dalam seharian penuh. Alasan pergi ke toilet tentu akan dimaklumi oleh klien dan pikiran pun jadi lebih tenang.

3. Kirim email sekaligus

Tony Hsieh – bos Zappos – punya cara unik untuk membalas puluhan email yang masuk ke inbox. Agar lebih hemat waktu, ia suka membalas email sekaligus. Semua email yang masuk pada hari ini akan dikumpulkan ke folder khusus dan baru dibalas besok pagi.

Langkah ini membuatnya lebih fokus 100% daripada harus membalas email saat tengah mengerjakan tugas lain. Tak hanya itu saja, dia pun merasa lebih mudah membalas semua email dengan menggunakan kalimat yang lebih tepat.