Bila tak punya uang untuk beli kaset atau CD, orang-orang biasanya menyetel radio agar bisa mendengarkan lagu-lagu favorit. Namun perkembangan teknologi yang kian pesat memungkinkan para pemilik smartphone bisa mendengarkan lagu terbaru via aplikasi streaming musik. Manakah aplikasi yang paling handal dan direkomendasikan?

aplikasi streaming musik
Spotify, aplikasi streaming musik (doc/hungryforchange.tv)

1. Spotify

Ada sejumlah penawaran eksklusif bagi pencinta musik, pastinya bisa mendengarkan koleksi hingga 30 juta lagu. Demi memuaskan para pengguna setia, Spotify menyertakan fitur shuffle dan playback sehingga bisa mendengarkan kembali setiap musik yang sudah diputar. Jika dibandingkan dengan layanan sejenis, Spotify lebih up to date dan pengguna bisa membeli beberapa lagu dengan kisaran harga tertentu, bahkan ada yang gratis!

2. 8Tracks

Aplikasi streaming musik yang menghadirkan nuansa unik dimana pengguna bisa mendengarkan lagu favorit sesuai suasana hati (mood). Koleksi lagu pun bervariasi, mulai dari aliran mainstream hingga sesuatu yang belum pernah didengar sekalipun. Pengguna bisa menyusun daftar lagu ke sebuah playlist dan orang lain pun bisa menilainya. Aplikasi cocok sebagai ajang aktualisasi diri karena memungkinkan orang lain menilai selera musik anda.

3. SoundCloud

Inilah aplikasi streaming musik dengan fitur ‘social sound platform’ yang memungkinkan pengguna ikut berkarya dan mengunggah lagu buatan sendiri di akun SoundCloud pribadinya. Cara mengunggah lagu pun gampang, cukup membuka aplikasi SoundCloud dan pilih record. Usai selesai merekam, lagu buatan anda segera di-upload ke akun pribadi dan nantinya para follower akun bisa ikut mengomentari.

4. Google Play Music

Aplikasi ini tak hanya tersedia untuk perangkat Android, pemilik perangkat iOS juga bisa menginstalnya. Di sini pengguna bisa mengoleksi hingga 50.000 lagu di daftar playlist. Keunggulan Google Play Music terletak pada tampilan antarmuka yang atraktif, bahkan memudahkan pengguna menyimpan musik favorit secara online dengan fitur cloud.

5. MixRadio

Aplikasi streaming musik yang masih tergolong baru di Indonesia, tetapi kualitasnya layak diacungin jempol. Semua lagu bisa dinikmati dengan tiga fitur andalan yaitu My Mix, Kurasi Mix, dan Offline. Keunggulan MixRadio terletak pada mode offline yang memudahkan pengguna mendengarkan playlist lagu favorit tanpa tersambung internet dan tidak terkuras konsumsi data internet.