teknologi-pesawat-tempur-dipakai-untuk-mobil-PT5wC8XFOO

Teknoflas.com – Perangkat bernama Iris Hud ditempatkan di dalam interior mobil untuk membantu pengemudi dalam hal navigasi. Iris Hud diciptakan dengan mengambil inspirasi dari teknologi pesawat tempur.

Dilansir Digitaltrends, Minggu(7/6/2015), Iris Hud merupakan layar transparan yang dapat ditempatkan di sebelah spion tengah untuk membantu pengemudi mengetahui informasi mengenai rute perjalanan. Perangkat inovatif ini juga memberikan informasi terkait kecepatan kendaraan dan dilengkapi sensor canggih.

Iris Hud dapat terhubung dengan perangkat smartphone dengan konektivitas Bluetooth. Perangkat tersebut juga dilengkapi fitur pembaca gerakan tangan sederhana.

Dengan menggerakan tangan menyapu ke arah kiri, sensor Iris Hud juga secara otomatis mengirimkan pesan kepada yang menelefon bahwa sopir sedang sibuk mengemudi. Sementara bila pengguna ingin menjawab panggilan telefon, pengguna dapat menggerakan tangan atau menyapu ke arah kanan.

Iris Hud juga dilengkapi teknologi geolokasi seara real-time. Sehingga, perangkat dapat mendeteksi lampu lalu lintas, zona sekolah, memberitahu pengguna agar lebih berhati-hati saat memacu kendaraan.

Iris Hud kabarnya siap untuk tahap produksi. Namun, tim pengembang membutuhkan dukungan finansial untuk memulai proses manufaktur. Bila kebutuhan finansial telah terpenuhi, perangkat bisa dikapalkan pada musim gugur tahun ini.

Perangkat ini kabarnya akan dibanderol dengan harga USD499 atau sekira Rp6,6 jutaan.