Panitia memberi ‘bocoran’ soal-soal SBMPTN 2015 yang akan dijawab oleh para peserta nantinya. Menurut sumber terpercaya, ada sekitar 25% soal ujian yang tergolong gampang dijawab. Seperti diketahui, besok Selasa (9/6), peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 akan mengikuti ujian penentuan masa depan.

Rochmat Wahab, Ketua Umum SBMPTN 2015, mengatakan bahwa materi ujian tulis terbagi ke dalam tiga kelompok yaitu: sains dan teknologi (saintek), sosial dan humaniora (soshum) dan campuran (saintek dan soshum). Dari ketiga kelompok tersebut, ada sejumlah soal yang gampang dikerjakan.

bocoran soal SBMPTN 2015
ilustrasi ujian SBMPTN 2015 (doc/iberita.com)

“Jadi, ada sekitar 25% soal yang gampang dijawab dan ada pula 25% soal yang sulit dijawab,” ucapnya saat ditemui di Jakarta, Minggu, (7/6).

Sementara itu, 50% soal SBMPTN tergolong susah-susah gampang. Rochmat Wahab mengaku tidak sungkan sedikit memberi ‘bocoran’ soal-soal SBMPTN 2015 agar para peserta semakin penasaran. Namun dia berharap agar semua soal dikerjakan dengan baik supaya peluang lolos dan menjadi mahasiswa di universitas negeri yang diminati.

“Kami harap tingkat kemudahan dan kesulitan soal SBMPTN menjadi pendorong semangat bagi para peserta untuk menyelesaikan ujian dengan baik. Kami yakin minimal 90% dari jumlah peserta bisa menjawab semua soal,” ujarnya.

Ainun Naim, Sekjen Kemenristek Dikti, mengatakan bahwa tes SBMPTN tak selalu memberi hasil merugikan dan memuaskan bagi peserta ujian. Contohnya, tak semua peserta yang mengikuti SBMPTN di sebuah universitas akan lolos semua.

“Oleh karena itu, saya harap semua peserta menjawab soal-soal ujian sebaik mungkin demi memperoleh hasil maksimal dan dapat satu tempat di kuota yang ada,” ucapnya.

Lalu, bagaimana dengan peta persaingan SBMPTN 2015? Ainun Naim mengatakan bahwa jumlah peserta mengalami kenaikan hingga 4,31%.

“Jika tahun lalu peserta SBMPTN mencapai 664.509 siswa. Maka tahun ini mencapai 693.185 siswa,” ungkapnya.

Ainun Naim menambahkan, daya tampung SNMPTN 2015 yaitu 99.223 kursi di 74 Universitas Negeri. Artinya, tujuh peserta akan saling bersaing demi satu kursi.

Sementara berdasarkan data panitia, ada 260.767 peserta yang mengikuti kelompok ujian Saintek, 277.676 peserta mengikuti kelompok ujian soshum dan 154.712 peserta kelompok ujian campuran. Dengan adanya ‘bocoran’ soal-soal SBMPTN 2015 dari panitia, para peserta semakin semangat menyelesaikan ujian dan mendapat hasil terbaik.