Ujian SBMPTN 2015 akan digelar serentak pada Selasa (9/6) besok dan para peserta harus menyiapkan segala sesuatu dari awal agar peluang lolos di universitas idaman semakin besar.

“Semua perlengkapan yang harus dibawa oleh peserta sudah tercantum di kartu ujian. Yang paling penting adalah membawa kartu peserta ujian. Jangan lupa tanda bukti kelulusan bagi peserta kelulusan tahun 2013/2014, sementara peserta kelulusan tahun 2015 membawa surat keterangan. Alat tulis dan sebagainya harus sudah dipersiapkan dari rumah, jangan sampai pinjem ke peserta lainnya,” ucap Asep Gana, Sekretaris SBMPTN 2015 Panlok Bandung, saat dijumpai di ruang panlok Kampus ITB, Bandung, Sabtu (6/6).

SBMPTN 2015
Ujian SBMPTN 2015 (doc/jakartakita.com)

Asep menambahkan, kartu tanda peserta harus dijaga sebaik mungkin karena memiliki peran penting. Dia meminta para peserta menyimpannya di tempat yang aman dan jangan sampai hilang.

“Kartu tanda peserta punya peran penting karena menyimpan informasi penting seperti lokasi, kelengkapan dan jadwal ujian. Di sana ada banyak informasi yang memudahkan peserta ketika akan mengikuti ujian. Oleh karena itu, kami segenap panitia mengingatkan semua peserta untuk menyimpan kartu sebaik mungkin. Kalau perlu simpan kartu dalam bentuk softcopy atau hardcopy untuk mengantisipasi beragam masalah yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Mengenai pelaksanaan ujian, semua peserta akan mengikuti ujian Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA). Kelompok Saintek akan menghadapi soal-soal dari mata pelajaran Kimia, Fisika dan Biologi. Sementara kelompok Soshum akan mengerjakan soal-soal dari mata pelajaran Ekonomi, Geografi, Sejarah dan Sosiologi. (Baca: 5 Tips Sukses Lolos Ujian SBMPTN 2015)

“Bagi peserta yang mengambil kelompok ujian Campuran akan menghadapi soal-soal tentang Saintek dan Soshum,” ucap Asep.

Sementara waktu pelaksaan ujian dimulai pukul 07.00 hingga 14.30. Waktu pelaksanaan setiap kelompok berbeda-beda, dimana kelompok Saintek akan ujian terlebih dahulu diikuti kelompok Soshum.

Menurut data SBMPTN 2015, wilayah Bandung memperoleh 41.887 peserta yang akan mengikuti ujian tertulis SBMPTN. Tetapi memperoleh tambahan 2000 peserta dari sub panlok Tasikmalaya, sehingga total ada 43.887 peserta. Mereka akan bersaing mendapatkan kursi di empat perguruan tinggi yaitu Universitas Siliwangi (Tasikmalaya), ITB, Unpad dan UPI.