Jadwal Timnas U23 di ajang SEA GAMES 2015 akan disiarkan secara live di SCTV pada hari Selasa 9 Juni 2015 pukul 19:30 WIB, mempertemukan Indonesia vs Filipina. Laga di Stadion Jalan Besar-Singapura nanti menjadi penentu nasib, apakah skuat asuhan Aji Santoso layak lolos atau tidak.

Dari segi teknis, timnas Indonesia diprediksi bisa meraih tiga angka dari Filipina. Performa Evan Dimas dkk sedang di level puncak usai menang 6-1 atas Kamboja. Kemenangan tersebut jadi pelecut semangat untuk kembali meraih kemenangan kedua dan menjaga peluang lolos dari babak penyisihan grup A.

indonesia vs filipina
Muchlis Hadi Ning, andalan indonesia vs filipina. (doc/liputan6.com)

Pelatih Aji Santoso kemungkinan besar akan memakai formasi yang sama saat membantai Kamboja. Namun jadwal Timnas U23 yang tergolong padat membuat eks Persebaya itu akan merotasi pemain di starting eleven. Muchlis Hadi Ning, pencetak hattrick ke gawang kamboja, kemungkinan besar diturunkan sejak babak pertama di laga Indonesia vs Filipina.

Meski mengincar gol cepat di babak pertama, Pelatih Aji tak mau lini belakang kedodoran. Dia tetap mempercayakan Hansamu Yama Pranata walaupun sempat blunder kala dibantai Myanmar 4-2 di laga perdana Grup A. Dalam laga Indonesia vs Filipina nanti, Paulo Sitanggang bakal diturunkan sejak menit pertama. Saat melawan Kamboja, dia tampil sebagai penyeimbang lini tengah walau tidak bermain full 90 menit.

Saat ini timnas U23 menempati posisi ke-2 klasemen Grup A dengan raihan 3 poin dari dua laga. Evan Dimas dkk tertinggal 3 poin dari penghuni puncak klasemen Myanmar yang meraih dua kemenangan beruntun atas Indonesia (4-2) dan tuan rumah Singapura (1-2). Sementara timnas Filipina U23 harus puas menghuni peringkat dasar tanpa raihan satu poin usai kalah atas Kamboja (3-1) dan Singapura (0-1).

Bila melihat catatan rekor pertandingan kedua tim, Indonesia lebih diunggulkan daripada Filipina. Dalam lima pertandingan terakhir, tim Garuda Muda sukses membukukan tiga kemenangan dan dua kekalahan, sedangkan Filipina menderita lima kekalahan beruntun.

Jadwal Timnas U23 yang mempertemukan Indonesia vs Filipina akan ditayangkan secara live di SCTV pada Selasa 9 Juni 2015 pukul 19:30 WIB di Stadion Jalan Besar-Singapura. Kemenangan harus diraih demi lolos ke babak selanjutnya, selamat berjuang Garuda Muda!