Walaupun menang besar 6-1 atas Kamboja, Pelatih tim nasional Indonesia U-23 Aji Santoso meminta anak asuhnya segera melupakan euforia dan fokus ke pertandingan selanjutnya. Laga Indonesia vs Filipina menentukan nasib Evan Dimas dkk di ajang SEA Games 2015.

Usai menderita kekalahan atas Myanmar di laga pertama, para pemain timnas U-23 akhirnya bisa bangkit. Mereka meraih kemenangan besar atas Kamboja U-23 dengan skor telak 6-1.

indonesia vs filipina
Aji Santoso yakin menang indonesia vs filipina (doc/liputan6.com)

Kini skuat Garuda Muda tengah menantikan laga Grup A selanjutnya, Selasa (9/6) malam nanti. Filipina akan menjadi lawan penentuan yang rencananya bakal digelar di stadion Jalan Besar, Kallang, Singapura.

“Saya sudah sampaikan kepada semua pemain agar melupakan kemenangan atas Kamboja dan fokus di pertandingan besok melawan Filipina. Itu menjadi laga penentuan apakah kita bisa lolos dari babak penyisihan grup A atau tidak,” ungkap Aji kepada rekan media.

“Jika kami bisa mencuri tiga poin, tentu peluang lolos ke babak semifinal semakin besar,” tambahnya

Menurut pengamatan Aji, timnas Indonesia U-23 masih perlu pembenahan di sejumlah sektor termasuk memperhatikan masalah koordinasi antar pemain di lini belakang yang memang perlu sedikit perbaikan. (Baca: Jadwal Timnas U23 di SEA GAMES 2015: Indonesia vs Filipina)

“Tendangan bola mati dan tendangan sudut lawan di area pertahanan Indonesia menjadi momok menakutkan. Para pemain harus bisa mengantisipasi pergerakan lawan, kalau perlu satu lawan satu,” beber Aji.

“Intinya, para pemain tak boleh melakukan pelanggaran yang tidak perlu seperti di laga Kamboja. Saya harap mereka tak mengulanginya saat melawan Filipina. Saya mau anak-anak terus mengingatnya,” ungkapnya.

Dalam laga kontra Filipina, Aji enggan meremehkan sang lawan apalagi ini menjadi penentuan nasib skuat Garuda Muda jika tak mau angkat koper lebih cepat. ”Anak-anak akan langsung tampil menyerang untuk mencetak lebih banyak selisih gol. Mereka sudah siap tetapi tak mau menyepelekan Filipina meski sudah tak punya peluang lolos ke babak semifinal,” ucap Aji.

Kemungkinan besar eks mantan pemain Persebaya itu akan mempertahankan formasi di sektor tengah yang bermain cemerlang kala merepotkan pertahanan Kamboja. Begitu juga sektor depan yang masih mengandalkan striker handal, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh sebagai perobek jala lawan.